Pekerjaan Jalan Weekapoda Dikira Memuaskan, Warga Berterima Kasih Pada Presiden Jokowi

Suarajarmas.com – Pengerjaan jalan Weekapoda – Dikira dengan panjang 16 km menjawab keinginan warga masyarakat 4 desa di kecamatan Wewewa Timur dan 1 desa di kecamatan Wewewa Selatan. Jalan yang menghubungkan 2 kecamatan ini dan juga menuju wilayah Kodi Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) merupakan mimpi masyarakat dari tahun ke tahun. Usulan pengerjaan jalan ini dimulai dari musyawarah dusun, Musdes, Muscam hingga Musyawarah tingkat kabupaten.

Mimpi itu akhirnya terjawab dan menjadi kenyataan setelah PT. Bumi Permai Nusantara pada tanggal 28 Agustus 2023 yang lalu mulai mengerjakan peningkatan sarana infrastruktur di wilayah itu. Pengerjaan jalan yang merupakan proyek Inpres tersebut menelan anggaran 47,5 M lebih.

Kepala Desa Pada Eweta, Gregorius Dadongo menyampaikan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang telah memberi perhatian terhadap perbaikan jalan di wilayah Weekapoda menuju Dikira kepada awak media Senin (9/10/2023).

Gregorius mengatakan, selama ini warga masyarakat di wilayah tersebut sangat kesulitan dalam melakukan aktivitasnya, baik untuk masyarakat yang bekerja di Kota, maupun para petani dan pedagang yang membawa hasil buminya karena askes jalan yang rusak parah puluhan tahun lamanya.

“Terima kasih pada pemerintah pusat sampai daerah, khususnya bapak Presiden Joko Widodo yang menjawab keluhan dan kerinduan kami” tuturnya.

Menurutnya jalan pernah diperbaiki dengan pengaspalan biasa (lapen) tetapi pada masa pemerintahan kabupaten Sumba Barat, sebelum kabupaten SBD mekar. Dengan usia yang sudah belasan tahun maka pekerjaan jalan saat itu yang juga hanya tambal sulam tidak dapat bertahan lama.

“Sekarang pekerjaan jalan ini  hotmix, sehingga sangat memuaskan hasilnya, apalagi pekerjaan saat ini mendapat pengawasan yang ketat setiap hari dari petugas PPK” ungkapnya.

Baca Juga :   Kisah Pilu Seorang Pria 75 tahun Menata Kehidupan Bersama Keluarganya

Dirinya juga menyampaikan terima kasih pada pengelola jalan PT Bumi Permai Nusantara yang sudah memberikan perhatian pada kualitas dan kerapihan jalan. PT Bumi Permai Nusantara juga memberikan pelayanan yang optimal bagi masyarakat setempat dengan menambah item pekerjaan walaupun tidak ada dalam kontrak kerjanya. Bahkan kiri kanan jalan juga dibuatkan rabatnya, yang tentunya hal ini akan membantu untuk menjaga kualitas dan ketahanan jalan pada saat musim hujan.

Sementara itu, PPK 1.3 Provinsi NTT TA 2023, Robert da Costa yang ditemui menyampaikan optimismenya bahwa pekerjaan jalan ini akan selesai tepat waktu. Pasalnya cuaca saat ini cukup mendukung dan tidak ada kendala-kendala yang urgen yang dihadapi di lapangan, warga masyarakat setempat memberikan dukungan penuh.

“Targetnya pada akhir bulan Oktober ini progresnya mencapai 25-30%. Untuk mencapai target tesebut sesuai hasil rapat, kontraktor akan bekerja ekstra” ungkapnya.

Selain itu, konsentrasi alat dan kendaraan pun telah diperbanyak pada lokasi penambangan material lokal (kuari) guna meningkatkan mobilisasi bahan yang dibutuhkan. Material non lokal (aspal) akan tiba di lokasi pada hari ini (Red, Senin 9 Oktober 2023).

“Kurang lebih 80 hari waktu yang tersisa ini kami coba pacu dengan penambahan kerja, ada lemburnya kemudian alatnya juga ditambah sehingga pekerjaan bisa selesai tepat waktu. Kita juga minta dukungan dari warga disini untuk mendukung dan semoga cuaca juga bisa berpihak” jelasnya.

Da Costa berharap dengan selesainya pekerjaan jalan tersebut bisa berdampak bagi peningkatan ekonomi masyarakat karena mendukung akses mobilisasi barang dan jasa khusus bagi warga masyarakat desa Mareda Kalada, Pada Eweta, Dikira, Dangga Mangu di Kecamatan Wewewa Timur dan berujung di Desa Bondo Bela, Kecamatan Wewewa Selatan.

Baca Juga :   Penentuan Pemenang Undian Bank NTT Ditentukan Nasabah

“Dengan selesainya jalan ini, maka waktu tempuh masyarakat yang dulu bisa makan waktu lama apabila hendak ke Tambolaka maupun Sumba Barat, bisa lebih cepat dan dapat membantu mendukung peningkatan ekonomi masyarakat” tambahnya.

Dipantau oleh media ini, pengerjaan jalan Weekapoda – Dikira dipastikan dapat selesai pada waktunya, karena besarnya dukungan masyarakat setempat dan para pekerja dari kontraktor terlihat sangat serius dengan menggunakan alat berat dikonsentrasikan pada beberapa titik lokasi. Di sejumlah lokasi proyek jalan yang dikerjakan PT Bumi Permai Nusantara ini, para tukang sedang mengerjakan pemasangan mortar pada drainase dan Tembok Penahan Tanah (TPT). *** (Red/001-23).-