Pasola Rarawinyo Hipnotis Ribuan Penonton

Suarajarmas.com – Ribuan masyarakat dari berbagai tempat baik turis manca negara maupun lokal tampak puas menyaksikan atraksi Pasola Rarawinyo di Desa Ate Dalo Kecamatan Kodi Kabupaten Sumba  Barat Daya (SBD) Nusa Tenggara Timur, Selasa(14/2/2023), pasalnya Pasola Rarawinyo menyuguhkan atraksi hiburan menarik bagi penonton yang memadati stadion Rarawinyo.

Atraksi Pasola Rarawinyo pagi ini dihadiri oleh Bupati SBD, dr. Kornelius Kodi Mete, Wakil Bupati Marthen Christian Taka, S. IP.,  Ketua DPRD SBD, Rudolf Radu Holo, beberapa Pimpinan OPD, para Camat, Kepala Desa dan tokoh adat serta tokoh masyarakat.

Bupati SBD, dr. Kornelius Kodi Mete (kanan), Wakil Bupati Marthen Christian Taka, S.IP., (tengah) dan Rato Nale tampak serius menyaksikan atraksi Pasola Rarawinyo

Turut hadir dan sekaligus mengamankan pelaksanaan Pasola Rarawinyo, Kapolres SBD, AKBP Sigit Harimbawan, S.H., S.I.K., M.H., Wadanyon C Pelopor, AKP Sigit Wahyu Afrianto S.I.K., M.H., Koramil 02/1629., serta PJU Polres SBD.

Kapolres SBD, AKBP Sigit Harimbawan, S.H., S.I.K., M.H., (kiri) dan Wadanyon C Pelopor, AKP Sigit Wahyu Afrianto S.I.K., M.H., (kanan) turun langsung mengamankan pelaksanaan Pasola Rarawinyo

Atraksi peserta Pasola dari kedua kubu yang bertanding memberikan suguhan menarik bagi ribuan penonton yang memadati lapangan Pasola yang cukup cerah dari pagi hingga siang hari, tanpa adanya inseden yang mengganggu jalannya budaya Sumba Pasola.

Walaupun jumlah peserta yang kurang berimbang dari kubu Kodi – Kodi Utara versus Kodi Bangedo – Kodi Balaghar tetapi mampu memberikan pertandingan yang berimbang dengan menampilkan keahlian melempar lembing dan memacu kudanya. Penonton tampak bersorak sorai mengikuti pelaksanaan atraksi Pasola Rarawinyo.

Dipantau oleh media ini, Pasola Rarawinyo berjalan lancar, aman dan terkendali berkat ketegasan dari para Rato Nale sebagai tetua adat pelaksaan Pasola. Personil Polres SBD dan Batalyon C Brimob Polda NTT serta Pol PP terlihat sigap mengamankan pelaksanaan Pasola Rarawinyo.

Baca Juga :   SURAT UNTUK TUAN SI PELUPA DIRI

Hingga berita ini di turunkan pelaksanaan Pasola Rarawinyo masih berlangsung dan diperkirakan akan selesai pada pukul 14.00 Wita. Rombongan Bupati dan Wakil Bupati SBD akan melanjutkan acara ramah tamah di kampung adat Toda. *** (Octa/002-23).-