PASKIBRAKA SBD GELADI BERSIH JELANG PERAYAAN HUT KE-76 RI

Tambolaka-SJ….. Menjelang perayaan HUT ke-74 Republik Indonesia, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) gelar gelada bersih di satdion Galatama Desa Radamata Kecamatan Kota Tambolaka SBD Nusa Tenggra Timur, Senin (16/8/21).

Geladi bersih ini dihadiri disaksikan langsung oleh Wakil Bupati SBD, Marthen Chrsitian Taka, S.IP, Kapolres SBD, AKBP Josep FH Mandagi, S.IK., Plt Sekda SBD, Fransicus Adi Lalo, S.Sos dan beberapa pimpinan OPD dan pejabat tinggi Polres SBD.

Kepada media ini Wabup Chris Taka mengatakan pelaksanaan upacara HUT ke-76 RI esok harinya sudah siap. Kesiapan baik itu seluruh kebutuhan lapangan dan Paskibraka. Kesiapan lapangan dan petugas yang terlibat dalam pelaksanaan esok hari (17/8/21) sudah siap melaksanakan tugasnya masing-masing.

“Paskibraka berada dalam kewenangan Polri dalam hal ini Polres SBD. Sedangkan kesiapan di lapangan dan petugas sudah hampir rampung 100%” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu dirinya juga mengingatkan dalam pelaksaan upacara HUT Ke-76 kemerdekaan RI besok agar tetap mematuhi anjuran protokol kesehatan.

“Kaitannya dengan upacara memperingati hari kemerdekaan RI ini,  tetap kita harus taat dengan protokol kesehatan.  Untuk mengenang jasa para pahlawan kita, upacara ini wajib hukumnya untuk dilakukan” jelasnya.

Sementara itu Kapolres SBD, AKBP Joseph FH Mandagi kepada media ini mengatakan kesiapan Paskibraka sudah maksimal pelaksanaanya disela-sela pandemic ini.

“Kita mengatur jadwal latihan dengan menyesuikan dengan protokol kesehatan, istilahnya selain kita bermain dilapangan kita pisah-pisahkan. Contohnya yang berlatih  pada pagi hari tim 17 dan 8, sedangkan tim 45 berlatih pada sore harinya” tuturnya.

Lebih lanjut Kapolres SBD menjelaskan pelatihan Paskibraka berjalan selama dua mingguan secara terpisaj, pada minggu  ketiga baru disatukan latihannya” jelasnya.

Baca Juga :   BINDA NTT GENCAR LAKUKAN VAKSINASI DI SBD

Untuk memastikan dijalankannya protokol kesehatan keterwakilan dari semua unsur hanya 5 orang, baik itu TNI, Polres, Brimob dan OPD-OPD.  jadi total barisan OPD sekitar 30 orang.

Kapolres SBD, AKBP Josep FH Mandagi (kiri) dan Wakil Bupati SBD, Marthen Christian Taka, S.IP

Untuk personil Paskibraka  diambil dari seluruh SMA yang ada di SBD, ada perwakilan dari masing-masing SMA di SBD. Komandana upacara dari Kapolsek Wewewa Barat selanjutnya komandan paskibrakanya dari Polres, yang jaga bendera dari Brimob.

“Selesai pelaksanaan upacara HUT kemerdekaan, kita secara bersama-sama menyaksikan upacara yang diselenggarakan di Jakarta. Dan juga lupa agar kita tetap mematuhi protokol kesehatan” pungkasnya.

Pantauan media pelaksanaan geladi bersih sudah berjalan bagus, walaupun waktu latihan dari Paskibraka yang terbatas karena adanya wabah virus corona dan PPKM level 3 di SBD. *** (Octa/002-21),-