Objek Wisata Air Terjun Lapopu Dibuka Kembali

by -132 views
Ass. I Setda Sumba Barat, Drs. Imanuel Ani, M.Si (kanan) saat menggunting pita disaksikan kepala BTN Matalawa Memen Suparman

Waikabubak-SJ…….. Setelah berbulan-bulan ditutup akibat dampak wabah Covid-19, Sabtu (8/8/20) siang, objek wisata air terjun Lapopu di kawasan Taman Nasional Matalawa resmi dibuka kembali untuk umum.

Prosesi dibuka kembalinya ojek wisata alam yang ada di wilayah Desa Rewarara Kecamatan Wanukaka tadi dilaksanakan secara bersama oleh pihak Balai Taman Nasional (BTN) Matalawa dan Pemerintah Daerah Kabupaten Sumba Barat provinsi Nusa Tenggara Timur.

Dibukanya objek wisata air terjun Lapopuitu ditandai dengan pemotongan pita. Pemotongan pita itu dilakukan langsung oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Drs. Imanuel Anie, M.Si bersama Kepala Balai Taman Nasional Matalawa Memen Suparman, Kepala BPBD Sumba Barat Ir. Yohanis, M.Si, Kapolsek Wanukaka dan Kepala Desa Rewarara.

Dengan dibukanya akses wisata air terjun Lapopu, Balai Taman Nasional Matalawa lebih awal telah mendapatkan petunjuk dan izin dari pemerintah pusat melalui Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).  

Kepala Balai Taman Nasional Matalawa, Memen Suparman (kanan depan) saat menyambut Ass I Drs. Imanuel Ani, M.Si

“Tentang pedoman yang harus dilaksanakan dalam membuka kegiatan wisata di areal kawasan Taman Nasional Matalawa,  Air Terjun Lapopu tahap pertama hanya dibolehkan wisata on the tryp. Jadi kita belum bisa untuk kegiatan camping,”ungkap Memen.

Memen juga menjelaskan bahwa air terjun Lapopu ini sebagai tindak lanjut dari upaya dan tekad Pemerintah yang ingin segera memulihkan kembali sektor pariwisata yang sebelumnya lumpuh total akibat dampak pandemi Covid-19.

“Dengan ini harapan besar kita bisa pulihkan kembali ekonomi melalui sektor pariwisata” tutur Memen lebih lanjut.

Meski telah mendapat lampu hijau dari pemerintah pusat di era New Normal. Pihak BTN  Matalawa tidak lantas berpangku tangan dalam upaya pencegahan dan penanganan Covid-19. Objek wisata Air Terjun Lapopu Kata Memen  tetap akan dipantau secara rutin. Pihaknya pun telah menyediakan sarana untuk mencuci tangan di pintu masuk.

“Setiap pengunjung diwajibkan menggunakan masker dan di tes suhu tubuh melalui Thermogun. Serta dihimbau untuk jaga jarak (Physical Distancing) dan tidak bergerombol atau berkerumun (Sosial Distancing) selama berada di lokasi air terjun Lapopu Protokol kesehatan wajib diutamakan” ungkap Memen.

Pantauan media kegiatan di objek wisata Air Terjun Lapopu tampak dilaksanakan dengan protokol Covid-19, para tamu undangan yang hadir menggunakan masker dan mencuci tangan serta duduk dengan menjaga jarak.

Bupati Sumba Barat Drs. Agustinus Niga Dapawole dalam sambutannya yang disampaikan oleh Drs. Imanuel M. Anie, M.Si Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat mengucapkan terima kasih dan apresiasi luar biasa atas inovasi dan kinerja yang selama ini dilakukan oleh pihak Balai Taman Nasional Matalawa dalam mengembangkan objek wisata Air Terjun Lapopu sehingga bisa dikenal lebih luas.

“Seiring dengan viralnya keindahan objek wisata Air Terjun Lapopu. Pihak Pemerintah Daerah terus berkomitmen dan berupaya untuk tetap memperhatikan perkembangan kondisi sarana prasarana penunjang di kawasan wisata tersebut” kata Imanuel.**** (Yunia),-