NILAI GOTONG ROYONG MENJADI KEKUATAN PEMBANGUNAN

Loura – SJ…………. Kegiatan bulan bakti gotong royong yang dilaksanakan pada hari jum’at (08/06) di Desa Letekonda Kecamatan  Loura tersebut dihadiri oleh Plt Bupati SBD Drs. Ndara Tanggu Kaha,  seluruh pimpinan OPD SBD,  Para Camat,  Para Kepala Desa, ketua dan pengurus TP-PKK,  Ketua dan pengurus Dharma Wanita, Pers, LSM serta masyarakat.

Plt. Bupati SBD, Drs Ndara Tanggu Kaha, saat membuka kegiatan Bulan Bakti Gotong Royong

Kegiatan tersebut merupakan Komitmen pemerintah Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) dalam pembangunan yang berbasis desa dengan berbagai program pertanian yang diarahkan di desa, serta sebagai pusat pertumbuhan ekonomi dan pembangunan nasional serta basis kemajuan Negara yang memiliki ikatan-ikatan sosial yang cukup kuat serta akar dari nilai-nilai budaya seperti gotong-royong, kekeluargaan dan interaksi sosial yang masih ramah. Selain itu Desa merupakan kesatuan masyarakat hukum yang memiliki hak-hak tradisional yang diakui dan dihormati serta perlu didukung dan diberdayakan agar menjadi kuat, maju, mandiri dalam pelaksanaan Perintahan dan pembangunan.

Dalam laporan panitia yang dibacakan oleh Yuliana Padilero, menggariskan bahwa kegiatan ini untuk mengingatkan kita semua bahwa gotong royong sebagai sebuah nilai karakter bangsa yang saat ini mulai terkikis oleh individualisme dan pengaruh global yang semakin cepat sehingga ini menjadi tugas bersama untuk melindungi serta melestarikanya.

Ketua TP-PKK Ny. Maria Ely Kaha, dalam sambutanya mengatakan akan terus mendorong jajaran PKK dengan struktur organisasinya yang sampai di desa menjadi sebuah kekuatan dalam memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan keluarga melalui beberapa program dan kegiatanya.

“Kita akan terus mendorong jajaran PKK melalui program-program yang kita lakukan mulai dari desa sampai ke tingkat kabupaten agar kesejahteraan masyarakat keluarga di SBD ini bisa terus meningkat”, ungkapnya.

Baca Juga :   MELKI LAKA LENA APRESIASI PESTA WOLEK DI KODI

Plt Bupati SBD Drs. Ndara tanggu kaha dalam sambutanya juga mengatakan,  bahwa akan terus mendukung nilai gotong royong demi kesejahteraan keluarga di Kabupaten SBD.

“Pemerintah akan terus memberikan pemahaman kepada masyarakat bagaimana nilai gotong royong dalam membangun keluarga kecil yang bahagia dan sejahtera karena itu menjadi kekuatan pembangunan di kabupaten SBD,  kita juga akan mendorong masyarakat menemukan inovasi baru guna memenuhi kesejahteraan keluarga dan masyarakat”, jelasnya.

Ny. Maria Ely Kaha, Ketua PKK SBD saat mempromosikan karya-karya PKK SBD

Dikesempatan yang sama,  salah satu anggota PKK Kecamatan Loura Fransiska mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bagus karena dengan adanya kegiatan ini bisa menjadi motivasi dari PKK untuk terus berkarya.

“Kegiatan ini bagus karena dari PKK juga sering mengadakan berbagai perlombaan terbaik PKK di 11 Kecamatan seperti lomba administrasi,  lomba pencegahan KDRT, lomba tentang kesehatan, sehingga bisa menjadi penyemangat ibu-ibu di desa karena nilai gotong royongnya sangat terasa” tutupnya. (JNL)-