Meningkatkan Iman dan Taqwa Melalui MTQ 

Waikabubak-SJ…. Bertempat di aula MADRASAH ALIYAH (MA), Senin 18 Desember 2017 yang lalu pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur`An (MTQ)di Waikabubak Kabupaten Sumba Barat berjalan meriah dan penuh hikmad. 

Pelaksanaan MTQ kali ini dihadiri oleh Wakil Bupati Sumba Barat Marthen Ngailu Tony, Dandim 1613 Sumba Barat, Letkol Inf. Fifin Zudi Zaifuddin, Kapolres Sumba Barat AKBP M. Erwin, Kajari Waikabubak Adji Ariono, SH. Tampak juga hadir  Ketua Pengadilan Negeri Waikabubak, Ketua MUI Sumba Barat, Abdullah Bamualim, tokoh-tokoh agama, tokoh masyarakat, Ketua Forum Beragama dan umat Muslim kab. Sumba Barat. 

Dari kiri Kapolres Sumba Barat, Dandim 1613, dan Wakil Bupati Sumba Barat saat menghadiri acara
Dari kiri Kapolres Sumba Barat, Dandim 1613, dan Wakil Bupati Sumba Barat saat menghadiri acara

Dalam sambutannya Wakil Bupati Sumba Barat, Marthen Ngailu Tony yang membuka MTQ mengatakan semoga dengan kegiatan ini menjadi salah satu motivator peningkatan kualitas sumber daya manusia secara keseluruhan untuk menuju pada kehidupan yang agamis, terlebih khususnya agama Islam di SB dengan adanya MTQ lebih terpacu untuk selalu membaca Alquran sekaligus memahami dan mengamalkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, negara kita bukan negara sekuler yang tidak memperhatikan agama.

Wakil Bupati Sumba Barat, Marthen Ngailu Tony saat membuka acara MTQ
Wakil Bupati Sumba Barat, Marthen Ngailu Tony saat membuka acara MTQ

“Negara kita adalah negara Pancasila yang dengan sungguh-sungguh menumbuhkembangkan kehidupan beragama” ungkapnya. Lebih lanjut Tony berpesan agar perlombaan ini dilakukan dengan jujur agar terjaga nilai-nilai  keagamaan.
MTQ ini sendiri bertujuan untuk mewujudkan penghayatan dan pengamalan kitab suci Alquran dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara,  mewujudkan terciptanya lingkungan yang agamis, dinamis, harmonis dengan mewujudkan berdasarkan persatuan dan kesatuan dan membina dan meningkatkan kerukunan antara umat beragama yang kokoh didaerah kab. Sumba Barat.
Dalam sambutannya ketua Panitia Ustad Rustam, S.Ag mengatakan tema MTQ kali ini adalah meningkatkan iman dan tagwa melalui perwujudan kerukunan umat beragama.Sedangkan maksud kegiatan ini adalah menumbuhkan semangat umat islam untuk membaca kita suci Alquran dengan baik dan benar sesuai dengan wafrad group taji dan lagu. Selain itu juga untuk mendorong umat islam mempelajari, memahami, menghayati dan mengamalkan isi kitab suci Alquran dalam kehidupan sehari-hari secara benar dan konsisten sesuai dengan makna dan tekad Alquran.
Seperti yang disampaikan oleh Mentri agama Muhammad Maftuh Basyuni beberapa waktu yang lalu tujuan dari kegiatan MTQ untuk mendorong pemahaman penghayatan dan kecintaan umat islam terhadap alquran tidak dikaburkan dengan ambisi untuk menjadi juara , apalagi kalau keinginan ini sampai menimbulkan perilaku yang kurang terpuji perilaku yang justru bertentangan dengan nilai –nilai agama islam dan menodai kehikmatan MTQ.
Pantauan media ratusan peserta menghadiri dan mengikuti perlombaan yang bermacam-macamuntuk memperebutkan piala bagi juara I dan piagam bagi jura 2 dan selanjutnya. Kegiatan MTQ ini bisa terselenggara berkat dukungan berbagai pihak diantaranya sumbangan Pemda Sumba Barat Rp. 50.000.000,- Sumbangan kaum Muslimin se- Waikabubak Rp. 15.000.000,- sehingga total anggaran menjadi Rp. 65.000.000,- (JB/Mus),-

Baca Juga :   PEMDA MENDUKUNG PENUH SBD INKLUSIF

Leave a Reply

Your email address will not be published.