Media Gathering bersama BPJS Kesehatan Waingapu

Waingapu(SJ)- Dalam rangka meningkatkan keakraban dan silaturahmi antara BPJS Kesehatan Cabang Waingapu dengan semua media yang ada dalam wilayah kerja BPJS KC Waingapu dalam kegiatan Media Gathering yang diadakan pada hari Kamis, 23 November 2017 mulai dari pukul 09:30 hingga 12:00 di Reustaurant Hotel Padadita Beach yang setidaknya dihadiri oleh 7 media yakni Suara Jarmas, NTT News, Pos Kupang, Waingapu.com, Victory News, Radio Max FM Waingapu dan Radio Global FM Waingapu.

“ mari membangun keakraban antara Media yang ada di Sumba dan BPJS Kesehatan menuju Indonesia sehat dan kita dapat menginformasikan kepada masyarakat tentang pentingnya menjadi peserta BPJS Kesehatan sehingga masyarakat dapat dijamin pelayanan dan fasilitas kesehatannya” tutur Husto Nur Ansori selaku penanggung jawab kegiatan yang juga adalah Kepala Bidang SDM, Umum dan Komunikasi Publik BPJS KC Waingapu saat membuka kegiatan Media Gathering.

“Harapan besar kami adalah bagaimana di 4 Kabupaten yang ada di pulau Sumba BPJS dapat dikenal dan menjadi mitra masyarakat dalam menjamin pelayanan dan fasilitas kesehatan masyarakat terutama bagi masyarakat miskin sehingga menjadi tugas Pemda untuk mengcover hal ini, sampai dengan tanggal 31 Oktober 2017 untuk wilayah cakupan BPJS KC Waingapu mengcover 90,81% atau 709.437 jiwa dari 781.203 jiwa” jelas Sarlin V. Raga Lay selaku Ketua BPJS KC Waingapu.

Sarlin V. Raga Lay juga menambahkan bahwa kepesertaan BPJS adalah kewajiban setiap warga Negara yang berpayung pada Undang-undang, kepesertaan dan pembayaran claim bersinergi menuju Indonesia sehat menggunakan prinsip gotong royong yang terbagi dalam 10 klasifikasi asal anggaran yakni PBI APBN, PBI APBD, TNI/Polri, PNS, Badan Usaha Swasta, BUMN/BUMD, PPNPN, Mandiri, Pemberi Kerja dan Pensiunan.

Baca Juga :   Bupati Niga Janji Pecat Kades

Untuk pendaftaran BPJS Kesehatan sendiri bisa dilakukan secara online (www.bpjs-kesehatan.go.id) Atau menghubungi call center BPJS Kesehatan : 1500400 dan bisa melalui drop box yang disediakan ditiap Kecamatan, mendownload aplikasi mobile JKN, menghubungi Kader JKN, melalui loket pendaftaran di Lippo Mall Group dan bisa langsung ke kantor BPJS Kesehatan terdekat.

Hingga 01 November 2017 jumlah peserta JKN-KIS mencapai 183.759.086 jiwa artinya lebih dari 70% penduduk Indonesia telah menjadi peserta JKN-KIS, sedangkan untuk wilayah BPJS KC Waingapu pencapain semesta terjadi di Kab. Sumba Tengah dengan presentasi 97,96% , Kab. Sumba Barat 91,53%, Kab. Sumba Barat Daya 97,96% berbeda dengan 3 Kabupaten yang sudah tercover sejak UMPT 2014 sampai sekarang Kab. Sumba Timur tertinggal jauh yakni 79,68% namun rencananya sisanya 20,32% akan tercover mulai tahun depan setelah melakukan pendekatan dengan Pemda Sumba Timur.(STM

Leave a Reply

Your email address will not be published.