GUBERNUR NTT LAUNCHING BENIH JAGUNG HIBRIDA HASIL PENANGKARAN POLA KEMITRAAN BERSAMA GUBERNUR DAN BUPATI

Suarajarmas.com – Gubernur Viktor B Laiskodat melaunching benih jagung varietas Bima 20 Uri hasil penangkaran pola kemitraan bersama Gubernur dan Bupati di halaman rumah jabatan Bupati Sumba Barat Daya (SBD), Jumat (25/8/2023).

Disaksikan oleh Bupati SBD, dr. Kornelius Kodi Mete, Wakil Bupati SBD, Marthen Christian Taka, S.IP., Sekda SBD, Fransiscus M Adilalo, S.Sos., Kepala Dinas Pertanian NTT, Kepala Dinas Pertanian SBD, beberapa pimpinan OPD, pengusaha dan rombongan gubernur NTT., Viktor Bungtilu Laiskodat meninjau langsung benih jagung hibrida yang diperagakan oleh anak-anak praktek bersama kru Dinas Pertanian dan Perkebunan SBD.

Untuk diketahui bibit jagung hibrida varietas Bima 20 Uri ini merupakan hasil penangkaran pola kemitraan antara penangkar dengan CV Bunga Tani Sejahtera yang akan membantu masyarakat petani dengan memberikan benih jantan dan benih betina untuk ditanam lalu setelah panen akan membeli pada masyarakat petani dengan harga Rp. 10.000/kg.

Diharapkan penangkaran bibit jagung hibrida ini dapat berjalan dengan lancar dan tanpa mengalami kendala seperti hama dan lain sebagainya, sehingga dapat membantu ekonomi masyarakat petani di SBD.

Kabupaten SBD merupakan kabupaten yang telah berhasil dengan program Tanam Jagung Panen Sapi (TJPS) program pemerintah provinsi NTT, dengan luas lahan 40.000 ha. Keberhasilan pemerintah dan masyarakat SBD tersebut mendapat penghargaan atas jasa dan pengabdiannya di bidang Pertanian (Implementasi Program Tanam Jagung Panen Sapi) bagi daerah dan masyarakat NTT dari Gubernur pada HUT Kemerdekaan ke-78 RI yang lalu di Kupang.

Usai melaunching jagung hibrida di Tambolaka, Gubernur NTT bersama rombongan melanjutkan kunjungan kerjanya ke Kabupaten Sumba Tengah. Kemeraan gunernur dan bupati terlihat sangat harmonis, karena SBD merupakan kabupaten yang mampu menjalankan program TJPS.  *** (Octa/002-23).

Baca Juga :   OMBUDSMAN NTT TEMUI BUPATI SUMBA BARAT