MASJID SYYAID SULAIMAN WEEKELO BUKTI NYATA BHINEKA TUNGGAL IKA

Tambolaka-SJ ………….. Pengerjaan pembangunan Masjid Syyaid Solaiman Wekelo Desa Rada Mata Kecamatan Kota Tambolaka Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) sudah sampai pada pengecoran lantai. Pada Minggu, 29/9/19 tampak masyarakat Weekelo dengan dibantu oleh TNI/Polri, pemuda gereja Katolik secara bergotong royong dan bahu membahu melakukan pengerjaan pengecoran untuk mempercepat pembangunan masjid tersebut.

Pembangunan masjid Syyaid Sulaiman yang direncanakan rampung dalam 5 tahun sejak November 2018 yang lalu ini, tampak sudah  menunjukan perkembangan pesat mengingat baru kurang lebih 6 bulan pengerjaaan sudah sampai pada pengecoran lantai dua.

Danramil 02 Loura bersama personil,  Kepala KP3 Laut Weekelo bersama personil, ketua MUI SBD, pemuda masjid dan pemuda gereja secara bergotong royong terlibat dalam pekerjaan pembangunan masjid yang menjadi satu pemandangan indah demi menwujudkan toleransi dan kerukunan umat beragama di SBD.

Panitia pembangunan masjid Syyaid Sulaiman, H. Haromain Usman yang ditemui media mengatakan yang terlibat dalam pengerjaan pengecoran lantai masjid ini terdiri dari umat Islam yang ada di Weekelo sendiri, dari Waitabula, Waikabubak, Katewel, Waitakul dan juga dari pemuda gereja Katolik, dan TNI/Polri.

Ketua Panitia Pengerjaan Masjid Syyaid Sulaiman, H. Haromain USman (kiri) bersama tokoh agama dan Danramil 02 Loura, Kapten Inf. Mulyono (kanan)

H. Haromain berharap pengerjaan pembangunan masjid ini bisa selesai tepat waktu. Sumber dana dalam pembangunan masjid ini adalah swadaya umat. Sehingga pengerjaan pembangunan masjid tersendat-sendat sesuai dengan kesiapan dana yang ada.

“Dukungan dana pembangunan masjid juga kami dapat Pemda, pengusaha-pengusaha baik dari Sumba maupun dari Jawa, dari DPR RI Komisi 5. Jika dana kesiapan dana cepat terkumpul maka pengerjaan bisa kita lanjutkan lagi” ujarnya.

Baca Juga :   Bhabinkamtibmas Merupakan Mata dan Telinga Pimpinan

H. Haromain juga mengapresiasi tingginya kerukunan umat beragama di Sumba yang dibuktikan dengan keterlibatan pemuda gereja dalam pengecoran lantai masjid kali  ini. Dirinya berharap agar hal tersebut terus dipertahankan demi  terwudunya kerukunan umat beragama.

Kapten  Caj. Mulyono  Danramil 161/02 Loura yang dihubungi media disela-sela kegiatan memuji  keterlibatan semua pihak dalam pembangunan masjid Sayyid Sulaiman Weekelo ini sebagai wujud kebersamaan, bahwa masyarakat yang ada di Sumba tidak memandang  suku dan agama. Dirinya mengakui khususnya kabupaten SBD ini kondisinya aman dengan tingkat toleransi yang cukup tinggi.

“Kalau kita sudah bersatu seperti ini tentunya kita akan aman, dan keterlibatan TNI disini merupakan wujud nyata kemanunggalan  TNI dengan rakyat. Karena memang TNI berasal dari rakyat dan untuk rakyat” ungkapnya.

Dirinya juga berharap agar kebersamaan didalam masyarakat terus dipertahankan. Melalui pembangunan masjid ini sudah menunjukan bentuk kerukunan yang baik, dan apabila ada pembangunan Gereja juga nanti kebersamaan seperti ini tetrus dipertahankan.

“Kita saling mendukung, bahwa kita ini bersaudara, mari kita tunjukan terus kebersamaan ini baik dalam pembangunan gedung ibadah maupun kegiatan-kegiatan yang lainnya” tutur Danramil Mulyono.

Hal senada juga diungkapkan oleh pimpinan MUI SBD, H. Syamsi P. Golo yang dihubungi terpisah yang memberi apresiasi pada pembangunan masjid Syyai Sulaiman yang melibatkan berbagai unsur baik dari TNI/Polri, Agama Kristen dan Katolik bahkan dari Marapu yang terlibat langsung dalam pembangunan masjid Syyai Sulaiman.

“Ini merupakan hal positif yang akan kita tindak lanjuti kedepan, pembangunan gerejapun juga melibatkan hal yang sama. Sehingga silaturahmi dan kebersamaan kita betul-betul terjalin dengan baik, Bhineka Tunggal Ika, yang disebut dalam slogan-slogan,  NKRI dan cinta Pancasila  hari ini kita buktikan” ujarnya memuji.

Baca Juga :   ‚ÄčKepala Dinas Sosial Kab. Sumba Timur tekankan sifat Brutal Pemuda agar Dibuang
H. Syamsi P. Golo tampak turun langsung membantu pengerjaan pengecoran masjid Syyaid Sulaiman Weekelo

H. Syamsi yang juga wakil ketua DPRD SBD periode 2019-2024 lebih jauh mengatakan melihat kekompakan umat muslim dan juga adanya dukungan dari semua pihak dirinya mempunyai keyakinan pembangunan gedung ibadah Masjid Syyaid Sulaiman ini bisa lebih cepat dari target yang sudah ditentukan.

Terkait dana pembangunan masjid H. Syamsi mengatakan bersumber dari swadaya umat terutama umat di Weekelo, para nelayan yang saling bahu membahu, disamping itu ada infaq dari masjid-masjid seluruh Sumba melalui acara halal bihalal yang lalu yang sudah disampaikan oleh panitia.

“Saya menghimbau agar harus ada kesadaran dari semua kita yang ada dalam membangun rumah Tuhan. Membangun rumah Tuhan sama dengan membangun rumah masa depan kita. Dan pada akhirnya kita akan kembali, selesai hidup di dunia ini, kita akan mempertanggung jawabkan di akhirat nanti” tutupnya.*******

Penulis: Octa,-

Leave a Reply

Your email address will not be published.