Marianus F. L. Todo, Ketua Terpilih Komcab SBD

Suarajarmas.com – Pengurus pusat  Pemuda Katolik melaksanakan Masa Penerimaan Anggota Baru  (Mapenta) dan Musyawarah Komisariat Cabang (Muskomcab) yang berlangsung di aula Seruni Paroki Katedral Weetebula, Kelurahan Weetebula, Kecamatan Kota Tambolaka, Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) Nusa Tenggara Timur, Sabtu (1/4/23).

Secara aklamasi Marianus Fergilius Lede Todo, S.S., M.Hum.,  terpilih sebagai Ketua Pemuda Katolik Komcab SBD. Sebelumnya Marianus menjabat sebagai Ketua Caretaker Komcab SBD.

Hadir dalam Muskomcab ini Pengurus Pusat Pemuda Katolik Antonius Damianus Mahemba, S.H, Sekretaris Komisariat Daerah (Komda) NTT,  Yuven Tukung, Wakil Sekretaris Bidang Kelautan dan Perikanan Komda NTT,  Valentinus Masan.

Marianus Fergilius Lede Todo, S.S., M.Hum., dalam sambutannya usai terpilih mengatakan Oragnisasi Kepemudaan Katolik ini sangat penting, sebelumnya organisasi ini belum ada sehingga pemuda Katolik tercerai berai.

Marianus Fergilius Lede Todo, S.S., M.Hum.,Ketua Pemuda Katolik Komcab SBD periode 2023-2026

“Sebelumnya kita belum berada dalam satu barisan untuk memperjuangkan gereja dan tanah air. Dengan terbentuknya  Pemuda Katolik Komisariat cabang SBD menjadi tanggung jawab moril,  juga untuk mengawal pembentukan organisasi  di kabupaten Sumba Barat dan Sumba Tengah” ungkapnya.

Marianus menambhakan, pengurus inti pada periode 2023-2026 ini, pemuda Katolik tidak hanya berbicara pada ranah yang sangat tipis,  tapi kita sudah berbicara pada tataran advokasi dan tataran kebijakan.

“Kita akan bicara pada tataran yang lebih kongkrit,  bagaimana memperjuangkan kepentingan Gereja dan Tanah Air dan kita sudah menjadi bagian bersama dalam sejarah meletakkan dasar di kabupaten SBD  basis Keuskupan dan ini merupakan tanggung jawab moril kita bersama. Setelah ini sudah menjadi atensi khusus bahwa kita akan merencanakan misa perutusan yang akan di pimpin lansung oleh Bapak Uskup” tambahnya.

Baca Juga :   Gerard Maliti Figur Yang Tepat Pimpin SBD

Dirinya berharap,  kedepan akan terus lakukan konsolidasi,  karena kita semua sebagai peletak dasar harus terus bertanggung jawab untuk kelangsungan organisasi kedepannya demi kepentingan gereja dan tanah air.

Kedepan, Mapenta kita akan melibatkan seluruh Orang Muda Katolik (OMK ) se-daratan Sumba atau Se-keuskupan Weetebula,  lebih khusus di SBD termasuk pembentukan komisariat ditingkat kecamatan dan ranting.

“Struktur pemuda katolik adalah organisasi yang sangat besar  yang mana selama ini tidur dan hari ini kita membangunkan kembali organisasi ini. Ini akan menjadi organisasi yang siap untuk mengkonsolidasi seluruh pemuda Katolik se-daratan Sumba untuk berkomitmen bersama, bahu membahu bagaimana mendorong kader-kader yang militan untuk berjuang bersama demi kepentingan gereja dan tanah air” jelasnya.

Kedepan,  Mapenta berikutnya berbasis kurikulum, mulai dari latihan kepemimpin dasar, menengah, dan atas begitupun pelatihan Kewirausahaan dan pelatihan Advokasi.

Sebelum pemilihan ketua Komcab SBD, Mapenta dan Muskomcab SBD terlebih dahulu menggelar sosialisasi penempatan dan perlindungan Pekerja Migran Indonesia dengan menggandeng BP3MI  NTT. Narasumber dalam sosialisasi ini Kepala BP3MI NTT Siwa, SE., Ketua Komisi Kerawan Keuskupan Weetebula sekaligus Direktur Yayasan Kemanusiaan Dondres,  P. Mikael Keraf, C,Ss,R., Direktur Yayasan Sarneli Sumba,  P. Paulus Dwiyaminarto, C.Ss.R.,  Direktur Sumba Hospitality Foundation Redempta T. Bato, Aktivis Kemanusiaan,  Yeremias Kewuan, SH.  Sosiaslisasi ini melibatkan LSM, mahasiswa Tokoh Agama, Tokoh Perempuan dan para aktivis kemanusian. *** (EBuga/009-23).-