MARAPU JEEP SUMBA IKUT AMBIL BAGIAN MEMBANTU KORBAN KEBAKARAN KAMPUNG WAINYAPU

Kodi-SJ………… Musibah kebakaran yang melanda Kampung Wainyapu Kecamatan Kodi Balghar Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) pada Selasa, 20 September 2022 yang lalu, menyebabkan puluhan rumah adat habis dilahap si jago merah. Musibah ini menyebabkan warga masyarakat kampung adat Wainyapu harus kehilangan tempat tinggal dan kehilangan harta bendanya.

Selain Pemerintah Kabupaten SBD sudah turun tangan untuk meringankan beban masyarakat yang terkena musibah, pihak-pihak lainpun turut ambil bagian untuk membantu meringankan beban korban musibah Wainyapu.

Marapu Jeep Sumba (MJS) salah satu komunitas pencinta kendaraan otomotif off road di SBD  juga turut serta membantu meringankan beban masyarakat korban kebakaran Wainyapu. Pada Selasa (27/9/2022) rombongan MJS dengan kendaraan otomotif off roadnya tampak mendatangi kampung Wainyapu untuk memberikan bantuan kemanusiaan berupa sembako, pakaian layak pake, alat rumah tangga dan material bangunan.

Nano salah satu anggota MJS yang ditemui media ini mengatakan, pihaknya merasa prihatin atas musibah kebakaran yang menimpa kampung Wainyapu. Dengan rasa solidaritas kemanusiaan MJS merasa tergerak untuk turut ambil bagian dalam meringakan masyarakat korban musibah kebakaran.

“Antara hobby dan kemanusiaan, Marapu Jeep Sumba atau yang muda kita sebut dan ingat (MJS) adalah komunitas hobby otomotif off road yang sudah berdiri lebih dari lima tahun dengan latar belakang profesi yang berbeda beda” ungkapnya pada media ini Rabu (21/9/2022).

Nano menjelaskan dengan terbentuknya komunitas ini, kami sepakati bersama bahwa ada dua hal penting yang menjadi dasar berdirinya komuntitas MJS, yaitu “HOBBY dan KEMANUSIAAN”. Dalam situasi ekonomi global yang sulit dan tidak menentu keluarga kami di kampung Wainyapu dan beberapa tempat di belahan bumi yang mendapat musibah kebakaran dan bencana lainya, ini merupakan kesedihan yang mendalam bagi kami semua sebagai sesama manusia.

Baca Juga :   Dirjen Bimas Kristen Protestan: PGI Mitra Kritis Pemerintah

“Untuk itu MJS dengan semangat kemanusian dan dengan segala keterbatasan,  kami siap menjadi bagian untuk sedikit meringankan beban saudara sauadara kita yang terkena musibah kebakaran di kampung adat Wainyapu” jelasnya.

Lebih lanjut Nano menjelaskan, seperti yang biasa kami lakukan di beberapa tempat kejadian sebelumnya dengan bemberikan  sembako, pakaian layak pake, alat rumah tangga dan material bangunan. Dan diserahkan langsung kepada masyarakat yang didampingin oleh kepala desa, tokoh adat, dan tokoh masyarakat.

Pihaknya berharap Kampung Adat Wainyapu bisa bangkit lagi dan kampung adat yang merupakan salah satu kampung wisata ini bisa dipelihara terus ke depannya.

“Kami Marapu Jeep Sumba berharap, kampung adat Wainyapu bisa, bangkit lagi dan terbangun kembali dengan semangat kerjasama seluruh pihak baik ..donatur, pemerintah, para tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan unsur unsur lain’ ujarnya penuh harap.

Dalam kesemapatan itu juga Nano memberi dorongan motivasi pada masyarakat Wainyapu untuk terus semangat dan bangkit lagi, anggaplah musibah yang terjadi adalah cobaan dari Maha Kuasa

“Untuk saudara-saudari kami di Kampung Adat Wainyapu, kiranya Tuhan Yang Maha Esa memberi kekuatan dan berkat buat kita semua” pungkasnya.

Dipantau oleh media ini masyarakat Wainyapu merasa sangat terharu dan terbantukan dengan adanya uluran kasih dari MJS. Salah satu warga hanya mampu mengucapkan terima kasihnya pada MJS yang sudah turun langsung ke kampung adat Wainyapu. *** (Octa/002-22).-