LEWAT OLAHRAGA, UNITRI MALANG IMPLEMENTASIKAN NILAI-NILAI PANCASILA

Malang-SJ…………UNITRI Malang  salah satu perguruan tinggi swasta di Malang Jawa Timur yang  memiliki slogan “Education for All (Pendidikan Tinggi Untuk Semua)”, tidak hanya memberikan pelayanan pendidikan bagi para mahasiswa. UNITRI Malang juga aktif  dalam bidang olahraga serta menekankanimplementasi nilai-nilai Pancasila dan rasa persaudaraan serta sportivitas dalam olahraga.

Bertempat di halaman parkir kampus UNITRI Malang Jalan Telaga Warna Tlogomas, Lowokwaru, Kota Malang 65144, Kamis (17/3/22)  telah berlangsung pertemuan perdana dan perkenalan antara pengurus dan anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) IKSPI Kera Sakti dengan Agustinus Ghunu, SE., M.MA., M.AP. (Cert. TESOL), sebagai Pembina UKM IKSPI Kera Sakti yang baru menggantikan Pembina sebelumnya.

Dalam pertemuan perdana ini Agustinus menekankan perlunya mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dan rasa persaudaraan serta sportivitas dalam olahraga, saat pertemuan dan perkenalan dengan Pengurus dan Anggota UKM IKSPI Kera Sakti.

Agustinus memperkenalkan salam Pancasila dengan mengangkat tangan menunjukan 5 jari sambil mengucapkan salam Pancasila. Ia mengatakan, menjaga NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 bisa melalui kegiatan olahraga seperti ini, bersatu padu bergotongroyong  mencapai prestasi, bertanding dengan sportif dan tetap menjaga persaudaraan merupakan salah satu cara menjaga NKRI dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila.

Di hadapan semua anggota UKM IKSPI Kera Sakti, Agustinus menyampaikan arahan dan pesan-pesannya bahwa olahraga ini hendaknya diarahkan untuk mencapai prestasi olahraga baik di tingkat lokal, regional, nasional bahkan internasional.

Seluruh pengurus dan anggota UKM IKSPI Kera Sakti ikut menjaga NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD1945.

“Tugas menjaga NKRI adalah tugas semua warga negara Indonesia termasuk generasi muda masa kini, maka dari itu dalam keadaan apapun bilamana negara membutuhkan maka UKM IKSPI Kera Sakti harus ikut serta dalam bela negara” ungkapnya.

Baca Juga :   KODIM 1629/SBD GOES BARENG TIM COVID-19

Agustinus menjelaskan sebagai pengurus dan anggota, maka dalam seluruh kegiatan UKM ini agar menjaga nama baik Kampus UNITRI, bekerjasama dan bersinergi dengan UKM-UKM Internal UNITRI maupun dengan Kampus-kampus lain untuk mencapai prestasi sesuai bidang masing-masing.

Dirinya juga menegaskan UKM IKSPI Kera Sakti agar ikut serta merawat Kebhinekaan, menjaga persaudaraan, mengutamakan kekeluargaan dalam  menyelesaikan masalah dan dinamika antar sesama anak muda maupun antara UKM yang ada di Kampus ini maupun di luar kampus.

Agustinus menambahkan, mengikuti kegiatan organisasi itu baik dan sah-sah saja, tetapi yang paling penting untuk selalu diingat dan agar jangan dilupakan tujuan utama ke Malang sebagai mahasiswa/i yaitu  kuliah dan lulus tepat waktu.

Ketika dihubungi oleh media ini usai memberikan arahannya, Agustinus Ghunu, SE., M.MA., M.AP (Cert. TESOL) yang juga adalah salah satu Dosen dan Sekretaris Pusdiwasbang UNITRI Malang menyampaikan,  pembinaan dan pendampingan terhadap adik-adik mahasiswa/i dalam unit kegiatan, perlu dilakukan agar mereka dapat termotivasi untuk meraih prestasi-prestasi.

“Misalnya dalam olahraga bela diri seperti ini baik di tingkat lokal, regional maupun nasional bahkan internasional serta memberikan arahan-arahan yang diperlukan oleh mereka” ungkap Agustinus yang pernah mendapat beasiswa mengikuti pendidikan  di Philipina  2007 dan Malaysia 2011.

Salah satu mahasiswa UNITRI sekaligus Ketua UKM IKSPI Kera Sakti Marselinus Tandu mengatakan, merasa senang dengan pertemuan saat ini, dimana seluruh anggota UKM IKSPI Kera Sakti dapat berkenalan dengan Pembina yang baru.

“Kami senang dengan pertemuan dan perkenalan dengan bapak pembina yang baru hari ini, semoga ke depannya kita bisa lebih saling akrab lagi. Saat ini kami ada sekitar 50 anggota untuk ranting UNITRI” tuturnya.

Baca Juga :   KETUA DPRD NAGAKEO APRESIASI OPEN TURNAMEN PACUAN KUDA KAPOLRES CUP SBD

Sementara itu Ka. Biro Kemahasiswaan, Dr. Zuhdi Ma’sun, ST., MT. dalam kesempatan terpisah menyampaikan apresiasi dan terimakasihnya atas kegiatan pertemuan dan perkenalan ini.

“Terimakasih bapak sudah memberi motivasi terutama dalam persiapan menghadapi Pertandingan Olahraga Mahasiswa Level Propinsi” ungkap Zuhdi lebih lanjut sambil tersenyum.

Untuk diketahui dalam waktu dekat pada tanggal 25-27 Maret 2022 yang akan datang UKM ini akan mengikuti Laga Mahasiswa Se-Jawa Timur yang akan dilaksanakan di Kampus UM Malang. *** (Red/010-22),-