KEMENPORA RI GELAR KEJUARAAN TARKAM DI SBD

Suarajarmas.com – Kemenpora RI menggelar Kejuaraan Antar Kampung (TARKAM) di kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) Nusa Tenggara Timur, dari tanggal 1 – 4 Mei2024 di stadion Galatama Desa Radamata Kecamatan Kota  Tambolaka Kabupaten SBD.

Kejuaran TARKAM ini dibuka dengan resmi oleh Bupati SBD, dr. Kornelius Kodi Mete yang dihadiri oleh Tenaga Ahli Menteri Bidang Manajemen Industri, Luhur Dewanthono, Staf Ahli Menteri Bidang Manajemen Industri dan Tenaga Olahraga, Rizqi Zafira, Ketua Tim TARKAM Bali dan Nusa Tenggara, Luluk Hadiyanto,  Dandim 1629/SBD, Letkol Inf. Novi Kurniawan, Wakpolres SBD, Kompol I Ketut Mastina, S.Sos., Pejabat Kemenpora lainnya, pimpinan SKPD,  Camat serta seluruh peserta TARKAM.

Dalam sambutannya sebelum secara resmi membuka kejuaraan, Bupati Kornlius Kodi Mete menyampaikan apresiasi yang tinggi pada jajaran Kemenpora RI yang sudah menyenlenggaran kejuaraan TARKAM di SBD.

Kejuaraan TARKAM ini akan menanamkan dan mendorong masyarakat untuk gemar berolahraga yang dapat menjadi bagian dari gerakan budaya berolahraga pada masyarakat sehingga terwujudnya gaya hidup sehat di kalangan masyarakat.

“Kejuaraan TARKAM selama 4 hari ini merupakan event pertandingan dan pembinaan secara berjenjang yang  menjadi proses mata rantai yang tidak boleh terputus dan dilakukan secara kontinyu dan berkesinambungan untuk menghasilkan atlet-atlet yang dapat mendongkrak percepatan dan peningkatan prestasi olah raga di daerah ini” ungkap Bupati SBD.

Dirinya juga minta para peserta lomba untuk memusatkan perhatian dan memanfaatkan secara baik wadah yang difasilitasi oleh Kemenpora RI ini melalui penyiapan psikologi atau mental tanding, karena dengan hal itu seorang atlet dapat bertanding dengan baik dan semakin termotivasi memenangkan pertanidngan.

Bupati SBD, dr. Kornelius Kodi Mete (depan) saat membuka Kejuaraan TARKAM di SBD

Dalam laporannya Kadispora SBD, Yohanes Tende, SH., menyampaikan Kejuaraan TARKAM di SBD ini diselenggarakan atas dasar Keputusan Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora RI No. 341 tahun 2024 tentang lokasi penyelenggaraan Penyelenggaraan Antar KAmpung tahun 2024.

Baca Juga :   Persewa Waingapu Rebut Piala Soeratin Cup U-17

Maksud diadakan kejuaraan TARKAM untuk mewujudkan dan mengembangkan event olah raga berbasis sport industry maupun sport tourism yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat serta dapat menggali bibit potensial pengembangan prestasi olah raga.

Sedangkan tujuannya adalah mendorong peningkatan partisipasi masyarakat dalam berolahraga, menjadikan masyarakat lebih sehat dan bugar, meningkatkan interaksi sosial antar warga dan saling menghargai dan menjunjung persaudaraan, sporitivitas, dispilin dan karakter yang tangguh. Menggali potensi atau bakat olahragawan masyarakat untuk dipersiapkan menuju iven tingkat nasional dan internasional.

Untuk diketahui jumlah peserta yang mengikuti kejuaraan TARKAM sebanyak 975 orang dari 11 kecamatan di SBD. Adapun cabang olah raga yang dipertandingkan adalah tenis meja, bola volley, senam SKJ dan senam kebugaran dan atletik. *** (Ocs/002-24).-