AKANKAH EURO 2020 MENJADI MOMEN BERSEJARAH BAGI TIMNAS INGGRIS

EURO-SJ…………. Empat tim sudah memastikan tiket ke semifinal EURO 2020. Mereka adalah Italia, Spanyol, Inggris, dan Denmark. Fakta menarik dari keempat tim semifinalis ini ternyata, hanya Timnas Inggris yang belum pernah mengangkat trofi Piala Eropa.

Satu-satunya gelar internasional yang diraih Inggris adalah Piala Dunia 1966. Sementara di Piala Eropa, The Three Lions selalu gagal juara. Jangankan menjadi juara, menembus final saja belum pernah. Prestasi terbaik Inggris di EURO adalah posisi ketiga pada 1968 dan semifinal 1996 saat menjadi tuan rumah.

Kini, peluang Inggris untuk menjadi juara terbuka lebar. Pemilik kompetisi Premier League tersebut bakal memainkan semifinal dan final di kandang sendiri, Wembley Stadium.  Timnas Inggris sukses melaju ke semifinal usai menggasak Ukraina 4-0 dalam laga semifinal di Stadio Olimpico, Roma, Minggu dini hari WIB, (4/7/21).

Catatan mernarik lainnya adalah ternyata, gawang Inggris yang dikawal Jordan Pickford belum pernah kebobolan satu pun gol di turnamen ini. Mereka sukses mencetak delapan gol tanpa sekali pun kebobolan.

Lebih jauh lagi, gawang Inggris terakhir kebobolan pada 1 April 2021. Saat itu, Inggris menekuk Polandia 2-1 dalam laga persahabatan di Wembley. Bukan Pickford yang di bawah mistar gawang, melainkan Nick Pope.

Catatan apik lainnya adalah Inggris tak terkalahkan dalam 11 pertandingan terakhir. Kekalahan terakhir pada 16 November 2020. Kala itu, mereka takluk 0-2 dari Belgia di UEFA Nations League.

Raihan tersebut tentunya menjadi modal Inggris untuk merebut gelar Piala Eropa kali pertama. Apalagi, semifinal dan final akan berlangsung di kandang sendiri, Wembley.

“Perjalanan kami masih panjang dan kami belum puas. Malam ini sangat menyenangkan untuk semua orang. Tapi, saya sudah memikirkan mengenai tantangan selanjutnya sebelum pertandingan berakhir,” ujar manajer Inggris, Gareth Southgate dilansir Daily Mail.

Baca Juga :   SLD BUKA YATUTIM CUP III

Pendukung fanatik Timnas Inggris, Decky Hari Cahyono menuturkan Piala Eropa kali ini menjadi kesempatan emas, yang tidak disia-siakan lagi. Inggris akan bersua Denmark di semifinal EURO 2020. Laga akan berlangsung di Wembley Kamis dini hari nanti, 8 Juli 2021.

“Kami belum pernah menembus final Piala Eropa. Ini kesempatan lagi untuk kami, apalagi tiket ke Final sudah terbuka lebar di kandang sendiri” ungkap Decky pada media ini.

Tiga semifinalis lainnya sudah pernah juara Piala Eropa. Spanyol menjadi yang terbaik dengan tiga kali juara pada 1964, 2008 dan 2012. La Furia Roja sekali menjadi runner up pada 1984. Lantas, Italia sekali juara pada 1968. Mereka juga dua kali menjadi runner up pada 2000 dan 2012. Sedangkan Denmark menjadi juara EURO 1992. *** (Octa/002-21),-

Leave a Reply

Your email address will not be published.