IKUTI POPDA VI NTT DENGAN ATLET TERBATAS, SBD RAIH 6 EMAS 3 PERAK DAN 2 PERUNGGU

Suarajarmas.com – Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) kembali menorehkan prestasinya dalam Kejuaraan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) VI Nusa Tenggara Timur (NTT) Tahun 2023 dengan meraih 6 medali emas, 3 medali perak dan 2 perunggu, walaupun hanya mengirim atlet sangat terbatas.

Kejuaran POPDA VI provinsi NTT di Kupang yang berlangsung dari tanggal 14 – 18 Maret 2023 kali ini, SBD mendulang emas dari atlet Tinju 3 orang, atlet Wushu dapat 2 medali emas dan 3 medali perak, Kempo 1 medali emas dan 1 perunggu sedangkan untuk cabang  Atletik mempersembahkan 1 medali perunggu.

Dari 4 cabang olahraga yang dikirim oleh Dispora SBD dengan seleksi atlet sangat terbatas sebanyak 3 orang dan 1 pelatih, mampu menunjukan prestasi dengan kualitas tinggi dan sangat berkompetitif.

Menurut Kadispora SBD, John Tende, SH.,  yang dihubungi suarajarmas.com Sabtu (18/3/2023) malam mengatan, bahwa atlet SBD mampu mengukir prestasi gemilang dengan hasil yang sangat spektakuler dan patut diapresiasi karena sudah mengharumkan nama daerah dikanca perlombaan ditingkat provinsi.

Sebagai bukti menurut John Tende, untuk cabang olharaga  Wushu mendulang 2 medali emas, 3 perak, Tinju 3 medali emas, Kempo 1 medali emas dan 1 perunggu sedangkan Atletik 1 medali perunggu.

Dalam konfirmasi awak media kepada pelatih Tinju, Dorsina Nace Naslewan, pelatih Wushu, Wempy Naslewan, pelatih Kempo Petrus Bili Malo dan pelatih Atletik Daniel Lede Bili mengatan, pada prinsipnya hasil yang dicapai merupakan kebanggaan warga masyarakat SBD dan medali emas yang dipersembahkan adalah sebuah perjuangan yang sangat kompetitif dan kedepan perlu didukung dengan pendanaan yang berimbang.

Dalam nada yang sama pelatih Kempo  Simpai Piet menegaskan, keberhasilan yang dicapai perlu didukung sepenuhnya dengan mengakomodir pengalokasian pengiriman atlet lebih banyak dan pembiayaan yang sangat mendukung sehingga suasana spirit olahraga benar benar mendapat perhatian yang lebih ditingkatkan.

Baca Juga :   SBD BERDUKA, KOMISIONER BAWASLU MENINGGAL DUNIA

Sementara pelatih Atletik,  Daniel Lede Bili mengungkapkan bahwa hasil yang dicapai dengan atlet terbatas perlu disukuri sebagai bagian dari sumbangsi medali kepada loda weemaringi pada weemalala.

Pada kesempatan itu, pelatih Wempy Naslewan menyebutkan total 6 medali emas, 4 perak, 2 perunggu yang dipersembahkan oleh keempat cabor merupakan ajang prestasi POPDA menuju POPNAS Palembang 2023 yang perlu dipersiapkan secara lebih matang untuk mampu bersaing ditingkat nasional.

“Dengan demikian kita sungguh mengharapkan adanya perhatian  secara khusus dari Pemda Kabupaten SBD untuk pembiayaan atlet, karena SBD mempunyai banyak potensi atlet yang dimiliki tetapi belum mendapat dukungan penuh dari Pemda” ungkap Wempy.

Lebih lanjut Wempy menjelaskan, ada 9 orang atlet yang dikirim  5 orang dari Wushu, 4 orang dari cabang Tinju, memperoleh emas pertama dari Wushu 1 orang, juara 2 sebanyak 3 orang, sedangkan tinju 3 orang atlet memperoleh medali emas.

Wempy menambahkan hanya SBD yang mengirim atletnya sedikit, sedangkan kabupaten lain mengirim atletnya untuk semua cabang olahraga.  Jumlah atlet yang dikirim sebanyak 32 orang untuk cabang Tinju dan Wushu, demikian pula dengan cabang olahraga lainnya, sedangkan SBD hanya mengirim 9 atlet untuk cabang Tinju dan Wushu, bahkan ada atlet yang biayanya ditanggung sendiri, sehingga untuk sampai ke Kupang menggunakan tranposrtasi laut, karena menggunakan biaya sendiri.

Kadispora SBD, John Tende, SH., (kiri depan) saat menyaksikan langsung atlet SBD bertanding

Untuk diketahui, POPDA VI NTT Tahun 2023 resmi digulirkan di Kota Kupang, diikuti 1.006 atlet, sekaligus menjadi ajang seleksi atlet pelajar untuk mewakili NTT pada Pekan Olahraga Pelajar Nasional atau POPNAS ke-16, Agustus 2023 di Palembang, Provinsi Sumatera Selatan. Even tahunan yang berlangsung sejak 14-18 Maret 2023 di Kota Kupang ini, resmi dibuka oleh Plt. Sekda NTT Yohana Lisapaly di GOR Flobamora Oepoi Kupang pada, Selasa (14/03/2023) pagi.

Baca Juga :   Kejuaraan Pencak Silat Singa Sakti D Dama Cup

“Pekan olahraga pelajar Daerah atau Popda keenam Provinsi Nusa Tenggara Timur merupakan ajang seleksi atlet untuk mendapatkan atlet berprestasi yang selanjutnya dipersiapkan secara khusus dan intens untuk mewakili Provinsi Nusa Tenggara Timur pada Pekan Olahraga Pelajar Nasional ke enam belas di Palembang, Provinsi Sumatera Selatan,” ucap Plt. Sekda NTT di GOR Flobamora Oepoi Kupang, saat membuka Pelaksanaan Popda VI, Selasa (14/03/2023). *** (Dens/011-23).-