KONDISI JALAN DI WEWEWA SELATAN MEMPRIHATINKAN

Suarajarmas.com –  Kondisi jalan utama dari Desa Tena Teke menuju Kahale, jalan utama dari Weri Lolo menuju Mata Kapore (Kodi Bangedo) dan jalan yang melintas kantor Kecamatan Wewewa Selatan  menuju Kalembu Weri (Wewewa Barat) sangat memprihatinkan karena rusak berat sehingga mengakibatkan pelayanan ke wilayah-wilayah tersebut sangat sulit bagi Pemerintah Kecamatan.

Kondisi jalan tersebut selain mempersulit pelayanan dari Kecamatan juga berdampak pada masyarakat dalam melakukan aktifitas sosial ekonominya. Demikian disampaikan oleh Camat Wewewa Selatan, Gerson Dua Ate, S.SI. Apt., dalam laporannya saat pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan, Rabu (1/3/2023).

Camat Wewewa Selatan menjelaskan dengan kondisi jalan yang rusak parah tersebut, pihaknya berharap Pemerintah Kabupaten untuk menjadikan prioritas dalam pembenahan infrastruktur  jalan dan jembatan sehingga dapat mendukung sektor-sektor produktif.

Selain masalah infrastruktur jalan, listrik juga masih menjadi keluhan warga masyarakat Wewewa Selatan pada umumnya. Kebutuhan akan listrik sebagai penerangan ini akan sangat bermanfaat bagi pengembangan home industry yang tentunya dapat berdampak langsung pada peningkatan ekonomi masyarakat.

“Dari hasil pemaparan ini, maka diharapkan kepada setiap pimpinan OPD  yang hadir dapat melihat sesuai dengan rencana kerjanya dan bisa mengakomodir usulan-usulan prioritas  yang sesuai dengan kebutuhan dari masing-masing desa” ungkap Gerson.

Lebih lanjut Gerson mengatakan  untuk sektor Pertanian,  Wewewa Selatan masih kekurangan tenaga penyuluh pertanian untuk mendampingi kelompok tani yang ada. Selain itu masih kurangnya obat-obatan, pupuk dan pemberian benih unggul.

“Kurangnya pendampingan penyuluhan terhadap kelompok tani sebagai akibat dari minimnya tenaga penyuluh  yang ada di Wewewa Selatan” kata Gerson.

Dalam sambutannya sebelum membuka pelaksanaan Musrenbang tingkat Kecamatan Wewewa Selatan, Wakil Bupati SBD, Marthen  Christian Taka, S.IP.,  mengatakan,  bahwa Musrenbangcam merupakan forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan di tingkat kecamatan untuk mendapatkan masukan mengenai kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang didasarkan masukan dari Desa serta menyepakati rencana kegiatan lintas Desa.

Baca Juga :   Tradisi Penyambutan Dandim dan Ketua Persit KCK Cabang XVIII Kodim 1613/Sumba Barat Yang Baru Dengan Tari Woleka

“Masukan ini menjadi dasar penyusunan rencana pembangunan kecamatan yang akan dibahas lebih lanjut dalam forum OPD dan forum Musrenbang tingkat Kabupaten sebagai dasar rencana satuan kerja perangkat daerah tahun anggaran 2024. Sehingga menghasilkan suatu program atau kegiatan yang konkrit serta berdampak bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Untuk diketahui pelaksanaan Musrenbangcam Wewewa Selatan diselenggarakan selama 2 hari tanggal 1-2 Maret 2023. Hadir dalam kegiatan Musrenbangcam anggota DPRD Dapil 3 dari PDIP dan Partai Nasdem, beberapa pimpinan OPD dan perwakilan, Kapolsek Tena Teka, Babinsa Wewewa Selatan, tokoh agama, tokoh pendidikan dan seluruh kepala desa. *** (Octa/002-23).-