KODI UTARA DEKLARASI DAMAI SIAP KALAH SIAP MENANG

Kodi-SJ………….. Bertempat di halaman Kantor Kecamatan Kodi Utara,  Dsesa Kori,  Kecamatan Kodi Utara Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) Nusa Tenggara Timur, pada hari Jumat (18/6/21),  dilaksanakan Apel Tiga Pilar bersama dengan Kepala Desa/Plt.  Desa, Panitia Pemilihan Kepala Desa, Para Calon Kepala Desa dan Anggota Linmas se Kecamatan Kodi Utara, SBD.

Apel Tiga Pilar ini digelar dalam rangka siaga pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak dan antar waktu di wilayah hukum Polsek Kodi Utara, yang dipimpin oleh Kapolsek Kodi Utara, Ipda Daniel Thimotius Ndoen, SH.

Turut hadir dalam apel siaga tiga pilar ini Camat Kodi Utara, Yengo T. Kawi, S.Pd, Babinsa 1629/02 Kodi, Bhabinkamtigmas, aparat desa, Pol PP dan staf kecamatan Kodi Utara serta para anggota Linmas.

Kapolsek Kodi Utara Ipda Daniel Thimotius Ndoen, SH., menyampaikan terima kasih atas kerjasama yang baik dengan Camat Kodi Utara  memfasilitasi kegiatan apel siaga tiga pilar Kodi Utara dengan menghadirkan linmas-linmas dari setiap desa yang akan melaksanakan pilkades serentak tahun 2021 di Wilayah Kecamatan Kodi Utara.

“Terima kasih kepada para calon Kepala Desa, para Panitia Pemilihan Kepala Desa, dan Linmas atas partisipasinya dalam Apel tiga pilar dan siaga Pilkades yang dilanjutkan dengan deklarasi damai bagi para calon Kepala Desa” ungkapnya.

Daniel mengharapkan dalam rangka persiapan menjelang pemilihan Kepala Desa Serentak di 16  Desa di Kodi Utara yaitu Desa Waiwala, Desa Bukambero, Desa Maghulinyo, Desa Kadu Eta, Desa Billacenge, Desa Mangganipi, Desa Hameli Ate, Desa Kori, Desa Homba Pare, Ds. Waiholo, Desa Homba Karipit, Desa Hoha Wungo, Desa Waitaru, Desa Noha, Desa Kadaghu Tana, dan Desa Kalena Rongo agar bisa berlangsung dengan aman, tertib dan lancar.

Baca Juga :   TIM PENGGERAK PKK SBD SOSIALISASI PENCEGAHAN COVID 19

Sehubungan dengan pelaksanaan pemilihan Kepala Desa serentak pada tanggal 30 Juni 2021 di Kecamatan Kodi Utara kami Polri mengalami kekurangan Personil sehingga diharapkan bagi Desa yang melaksanakan pilkades agar anggota linmasnya bisa dilibatkan dalam pengamanan/ back up Desa untuk melaksanakan pegamanan Pilkades.

Kepada panitia pelaksana, Ipda Daniel minta agar panitia dan pemerintah baik kecamatan, maupun Desa dan Linmas dilarang untuk mengarahkan masyarakat dalam  memberikan hak suaranya di salah satu Calon Kepala Desa walaupun keluarga/saudara kandungnya sebagai calon kepala desa namun  harus netral.

“Kita harus netral dalam pemilihan calon Kepala Desa tersebut dan jangan mengadu domba masyarakat/pendukung dari masing-masing Calon Kepala Desa sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan” ungkapnya.

Lebih lanjut Kapolsek Daniel menambhakan apabila terjadi persoalan di tempat pemilihan,  Linmas jangan bertindak sendiri namun harus berkoordinasi dengan Polri dan TNI yang bertugas di tempat pengamanan pemilihan Calon Kepala Desa untuk mencarikan solusi atau mencari jalan keluarnya yang terbaik agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan bersama.

“Para calon kepala desa untuk menyampaikan dan menghimbau kepada keluarga dan pendukung, agar pada saat pencoblosan tidak di perbolehkan untuk membawa sajam berupa parang, pisau, panah dan lain-lain di tempat pemilihan” tambahnya.

Dirinya juga mengingatkan saat ini kita masih dalam suasana pandemi COVID-19, diharapkan kepada kita semua agar tetap mematuhi protokol kesehatan, dengan memakai masker, mencuci tangan dan juga menjaga jarak.

Sementara itu Camat Kodi Utara Yengo T. Kawi, S.Pd, juga mengapresiasi kegiatan apel tiga pilar yang dilanjutkan dengan deklarasi damai terkait pelaksanaan pilkades serentak. Dirinya berharap agar para Linmas yang hadir pada saat ini bisa netral dalam melaksanakan pemilihan Kepala Desa serentak.

Baca Juga :   MAXY KAKA MINTA MASYARAKAT TOTOK BERSABAR DAN TIDAK MEMBUAT KEGADUHAN

“Jika dalam pelaksanaan Pilkades nanti terjadi gejolak agar berkoordinasi dengan TNI/Polri yang ada di TPS jangan mengambil tindakan sendiri  karena dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain” tuturnya.

Dipantau oleh media ini kegiatan apel siaga tiga pilar dilanjutkan dengan deklarasi damai.  Isi Deklarasi damai salah satu poin yaitu Siap Kalah dan Siap Menang. *** (Octa/002-21),-

Leave a Reply

Your email address will not be published.