Kecerdasan Emosional, Titik Utama Perhatian Kemeriahan HUT ke-78 RI di Kodi Balaghar

Suarajarmas.com – Momen 17 Agustusan bagi Indonesia adalah momen kebanggaan yang mengingatkan Indonesia sebagai negara yang merdeka dari penjajahan. Momentum ini sekaligus menantang Indonesia terus berjuang untuk semakin bebas dari ketertinggalan, kemiskinan, kebodohan, ancaman disintegrasi, degradasi budaya dan moral. Dari ujung Sabang hingga Merauke dan dari Miangas hingga Pulau Rote semua terbalut dalam semangat dan kebanggaan sebagai Bangsa Indonesia, Satu Nusa Satu Bangsa Satu Bahasa yakni Indonesia.

Kecamatan Kodi Balaghar sebagai salah satu kecamatan di Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) tidak ingin moment ini berlalu begitu saja. Momen peringatan kemerdekaan memiliki nuansa yang lebih mendalam. Semangat heroik pengibaran Bendera Merah Putih tidak berakhir begitu saja tapi berlanjut dengan semangat kegotongroyongan siswa/i SD, SMP, SMA/SMK dalam permainan (perlombaan) yang mengedepankan kecerdasan mental (emotional).

Bertempat di lapangan Kantor Kecamatan Kodi Balaghar Kabupaten SBD Nusa Tenggara Timur, Kamis (17/8/2023) perayaan HUT ke-78 Republik Indonesia berlangsung meriah dan penuh khikmat. Upacara peringatan diikuti oleh perwakilan dari 20 SD, 8 SMP, 5 SMA/SMK yang ada di Wilayah Kecamatan Kodi Balaghar. Camat Kodi Balaghar, Paskalis Muda Tari Mada, S.TP.,  bertindak sebagai Inspektur Upacara, anggota DPRD Dapil 4 Lodowyk Lendu, S.Pd., menjadi pembaca teks proklamasi.

Dalam sambutannya Camat Kodi Balaghar, Paskalis Muda Tari Mada, S.TP.,  mengatakan HUT ke-78 RI ini merupakan momen indah bagi pemerintah dan masyarakat untuk mengenang jasa para pahlawan yang sudah berjuang mempertaruhkan nyawamnya untuk kemerdekaan bangsa Indonesia.

“Tugas kita sekarang mengisi kemerdekaan tersebut dengan pembangunan untuk mencapai misi bersama bangsa Indonesia, yaitu bangsa yang sejahtera dan maju” ungkapnya.

Ady Mada sapaan akrab camat Kodi Balaghar ini menambahkan kecerdasan emotional merupakan aspek penting dalam menghadapi berbagai tantangan dan membangun masa depan yang lebih baik. Semangat gotong royong menjadi sarana untuk membangkitkan kesadaran akan pentingnya kesehatan mental dan perkembangan intelektual di tengah masyarakat. Interaksi, canda tawa, sportifitas, sedikit gengsi kesekolahan, gengsi kemenangan, peluh yang bercucuran bercampur aduk dalam suasana lompatan sorak sorai, tepukan keriuhan, kegembiraan dan kemeriahan.

Baca Juga :   Cegat Mobil Bermuatan Miras, Polsek Umbu Ratu Nggay Gagalkan Pengiriman 150 Liter Peci

Untuk diktehaui, semangat heroik kemerdekaan tidak pupus oleh suasana terik panas matahari                             di Lapangan Kantor Kecamatan Kodi Balaghar hingga kegiatan berakhir. Kegiatan diikuti oleh perwakilan dari 20 SD, 8 SMP, 5 SMA/SMK yang ada di Wilayah Kecamatan Kodi Balaghar.

Dipantau oleh media ini, perlombaan terbagi dalam 3 jenjang, untuk SD, SMP dan SMA/SMK. Semua perlombaan dilakukan secara berkelompok guna meningkatkan kerjasama (semangat gotong royong) dan ketrampilan sosial antar anggota team. Melalui beberapa permainan sederhana yang dilaksanakan dalam bentuk perlombaan yang menggembirakan dan mudah dimengerti oleh para peserta, kegiatan ini diharapkan mampu memperkenalkan nilai-nilai positif bagi siswa/i yang semuanya adalah pelajar.   Aspek lain yang ingin diperkenalkan pada para peserta adalah kemampuan problem solving, keuletan dan ketahanan serta self emotion control.

Melalui kemeriahan perlombaan perayaan HUT ke-78 RI yang dipenuhi semangat gotong royong dan fokus pada kecerdasan mental, Kodi Balaghar diliputi nuansa inspiratif tentang bagaimana perayaan nasional dapat mengedepankan nilai-nilai yang lebih dalam dan berkelanjutan. Semoga semangat gotong royong dan kecerdasan mental ini terus tumbuh dan merasuk dalam diri generasi penerus Kodi Balaghar secara khusus hingga masyarakat Kodi Balaghar secara umum demi mewujudkan Kodi Balaghar yang lebih baik. *** (Octa/002-23).-