Jelang Lebaran Bandara Tambolaka, Alami Lonjakan Penumpang

by -65 views

Tambolaka – SJ………. Libur Lebaran menjadi salah satu yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat untuk pulang ke kampung halaman. Salah satu transportasi yang dipilih adalah transportasi udara.

Bandar Udara Tambolaka, Kecamatan Kota Tambolaka Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD), sejauh ini sudah mulai dipadati oleh pemudik. Jumlah penumpang dilaporkan sudah mulai mengalami lonjakan. Plt. Kasubag TU  sekaligus Ketua monitoring angkutan lebaran Ferry mengatakan lonjakan penumpang  sudah terjadi  mulai beberapa hari yang lalu puncaknya H-4 menjelang hari raya idul fitri atau lebaran.

“Lonjakan penumpang ini terjadi mulai dari satu minggu yang lalu, puncaknya H-4 kemarin.  Lonjakan sampai 91% untuk keberangkatan,  sementara kedatangan jumlahnya lebih banyak yaitu mencapai 94%. Selain itu di bagian bagasi juga terjadi lonjakan bagasi terutama yang kedatangan kalau yang keberangkatan agak kurang.,” kata Ferry yang ditemui di ruang kerjanya,  Rabu (13/6) siang.

Selain itu Ferry juga mengatakan, setiap musim mudik lebaran sering terjadi lonjakan penumpang baik kedatangan maupun keberangkatan terlebih yang tujuan ke wilayah bagian barat,  sehingga pihak Bandara membuat posko monitoring angkutan lebaran bagi para pemudik. Ferry juga mengatakan bahwa penerbangan di bandara Tambolaka SBD baik keberangkatan maupun kedatangan  sebanyak 7 kali dengan pembagian 3 Kali Denpasar,  3 kali Kupang,  dan 1 kali Ende dengan jumlah penumpang per hari rata-rata 300 orang lebih.

“kita disini ada buat posko monitoring untuk memantau penumpang,  barang dan bagasi, karena memang setiap musim lebaran begini sering terjadi lonjakan penumpang terlebih bagi penumpang wilayah bagian barat dengan tujuan Denpasar. Kalau bagian timur  yaitu tujuan Kupang dan Ende malah terjadi penurunan. Disini kan penerbangan untuk keberangkatan maupun kedatangan sebanyak 7 kali,  yaitu dengan pembagian 3 kali dengan tujuan Denpasar,  3 kali tujuan Kupang dan 1 kali dengan tujuan Ende. Dengan  jumlah penumpang mencapai 300 lebih penumpang per harinya yang terbagi di tiga maskapai penerbangan yaitu Nam Air,  Wings Air dan Garuda Indonesia, “katanya.

Ferry, Plt. Kasubag TU  sekaligus Ketua monitoring angkutan lebaran

Lebih lanjut diakatakan bahwa untuk beberapa bulan terakhir di Bandara Tambolaka SBD ini sering terjadi lonjakan penumpang untuk tujuan liburan wisata,  karena memang di Sumba terkenal dengan destinasi wisata yang indah terlebih masyarakat sering mengeksposnya di media sosial. Dirinya juga berharap Pemerintah melalui Dinas Pariwisata lebih meningkatkan sektor keamanan dan menyiapkan fasilitas hotel yang memadai untuk para wisatawan yang datang.

“memang sekarang dalam beberapa bulan terakhir ini sering terjadi pelonjakan penumpang, hal tersebut disebabkan karena banyak wisatawan yang datang di Sumba untuk tujuan berlibur ke tempat-tempat wisata karena memang di Sumba ini terkenal dengan objek wisatanya, lebih-lebih masyarakat sering mengekposnya melalui media sosial seperti Facebook dan Instagram.

“Jadi harapan kami dari pihak Bandara kalau bisa Pemerintah melalui Dinas Pariwisata lebih memperhatikan sektor keamanan untuk lebih ditingkatkan lagi karena banyak tempat wisata yang bagus tetapi keamananya masih kurang. Lalu yang berikutnya lagi itu masalah hotel juga masih sangat kurang disini apalagi banyak wisatawan yang mencari penginapan, kadang juga kami kalau ada tamu bandara yang datang dari pusat tidak dapat hotel,” tutupya mengakhiri perbincangan dengan SJ. (JNL),-