JARINGAN AIR BERSIH KAMPUNG PRAI NYOU DIRESMIKAN OLEH PEMDA SUMBA BARAT

Wanokaka-SJ……….. Mewakili Bupati Kabupaten Sumba Barat, Yohanes Dade SH.,Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Sumba Barat  Drs. Imanuel M. Anie, M.Si meresmikan jaringan air bersih kampung Prai Nyou, Dusun 3 Desa Mamodu Kecamatan Wanokaka Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur, Kamis (29/9/2022).

Sambutan Bupati yang dibacakan oleh Imanuel M. Anie menyampaikan terima kasih dengan kehadiran Teleperformance Indonesia dan Sumba Foundation yang telah memberikan manfaat yang luar biasa  bagi masyarakat  Sumba Barat khususnya Warga desa Mamodu dengan memberikan Program bantuan Pembangunan Jaringan Air Bersih.

Kata Bupati Sumba Barat, dengan adanya program ini masyarakat bisa memanfaatkan air ini untuk pemenuhan air bersih demi  meningkatkan kesehatan masyarakat juga untuk meningkatkan ketahanan pangan bagi masyarakat desa Mamodu.

Lebih lanjut Bupati Sumba Barat berpesan agar masyarakat menjaga, merawat dan memelihara jaringan air bersih dengan baik agar bisa bertahan lama, karena masyarakat juga yang menikmatinya,  sebab dari pengalaman selama ini ada beberapa jaringan air bersih yang dibangun oleh LSM/NGO tidak bertahan lama yang dikarenakan kurangnya mendapat perhatian dan perawatan dari masyarakat setempat, sehingga fasilitas yang ada tidak bertahan lama dan tidak bisa lagi digunakan.

Sementara itu Kepala Desa Mamodu, John Bora Pajaga mengatakan, adanya  Proram Pembangunan Jaringan air bersih di Kampung Prai Nyou desa Mamodu yang  merupakan Program kemitraan bersama antara Teleperformance Indonesia dengan Sumba Foundation dan Pemerintah Desa dimana warga bisa memanfaatkan dan  menikmati layanan air bersih  secara baik  sehingga saat musim kemarau warga desa tidak lagi kesulitan maupun kekurangan air bersih.

Saat ini program Pembangunan Jaringan Air bersih yang berlokasi di dusun 3  baru melayani 45 KK atau 320 jiwa dari target 145 KK yang tersebar di sebagian warga dusun 2 dan dusun 4 yang nantinya akan ada perencanaan pengembangan jaringan lanjutan kepada 145 KK atau 575 jiwa.

Baca Juga :   Bupati DJOBO: Presiden JOKOWI Beri Perhatian Serius Bangun Alor

“Kami akan upayakan dukungan dari pemerintah kabupaten dan anggaran desa untuk pengembangan lanjutan bagi KK yang belum mendapatkan layanan air bersih” ungkapnya.

John Bora berharap  adanya dukungan lanjutan dari para pihak baik  Pemerintah kabupaten, Teleperformance Indonesia dan Sumba Foundation untuk lanjutan pengembangan jaringan bagi kebutuhan 224 jiwa atau 82 KK yang tersebar di dusun 2 dan dusun 3 dengan mengoptimalkan sumber mata air Pingi Borung.

Dalam kesempatan itu Founder Sumba Foundation, Claude Graves menuturkan,   bantuan air ini penting untuk keperluan mandi dan WC bagi 320 jiwa yang bisa memanfaatkan jaringan air bersih ini

“Ini merupakan tahap pertama kali bantuan dari Teleperformance Indonesia,  dan kami berharap kerja sama ini bisa  terus berlanjut”  ungkap singkat  Claude Graves.

Sementara itu CEO dari Teleperformance,  Michael Wullur dalam sambutannya merasa bangga dapat berpartisipasi dalam rangka pemberian program bantuan untuk pembangunan jaringan air bersih Prai Nyou yang sangat bermanfaat bagi seluruh warga desa Mamodu, kecamatan Wanukaka, kabupaten Sumba Barat.

“Kegiataan ini tidak akan dapat berjalan baik tanpa bantuan yang luar biasa dari Sumba Foundation beserta dukungan kuat dari masyarakat sekitar” katanya.

Kepala Desa Mamodu, John Bora Pajaga

Dirinya menjelaskan, kami percaya bahwa program ini akan dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat sekitar dengan tersedianya jaringan air bersih yang terjangkau serta berkesinambungan dan tentunya berdampak kepada pola hidup yang lebih baik.

Dijelaskan lebih lanjut, jaringan air bersih ini nantinya akan dialirkan ke 2 kampung utama yaitu kampung Prai Nyou dan Pemukiman sekitar kantor Desa Mamodu dan PAUD. Selain warga Desa Mamodu, pada musim kemarau warga dari Kampung Puu Kabbo (Desa Rajaka, Kecamatan Lamboya) juga mengambil air bersih di Sumur Prai Nyou sehingga program ini diperkirakan akan dapat dimanfaatkan nantinya oleh lebih dari 332 orang.

Baca Juga :   SAMBUT HUT RI KE-74 LURAH LANGGA LERO GELAR KARNAVAL BERSAMA MASYARAKAT

“Perusahaan kami merupakan bagian dari Teleperformance Group, sebuah perusahaan global yang menaruh perhatian besar terhadap kesejahteraan masyarakat. Kami memiliki komitmen untuk terus berkembang di Indonesia dan menjadi perusahaan yang berkontribusi positif di masyarakat atau menjadi forces of good dengan bekerja sama dengan NGO serta mendukung penuh program-program pemerintah melalui program CSR kami yang merupakan bagian dari inisiatif global yang kami usung dengan nama Citizen of the World dan Citizen of the Planet”  jelasnya.

Untuk diketahui, kepada awak media kepala desa Mamodu menyampaikan komitmennya  untuk bagaimana menjaga, merawat dan memelihara Jaringan Air bersih yang sudah ada agar tetap bertahan dan digunakan dalam waktu yang lama dengan membentuk tim, seperti yang sudah dilakukan pada program jaringan air bersih sebelumnya yang di dukung oleh Bank Indonesia dilokasi dusun 1 yang melayani 58 KK 273 Jiwa.

Hadir dalam kegiatan peresmian jaringan air bersih Assisten Pemerintahan dan Kesejahteraan rakyat Setda Sumba Barat Drs. Imanuel M. Anie, M.Si, Kepala BAPPEDA Titus Diaz Liurai, S.Sos, M.M  Camat Wanukaka Lukas Lodu Pewu, SH Kapolsek Wanukaka, Babinsa, Claude Graves selaku Founder Sumba Foundation, Michael Wullur selaku CEO TI, Kepala  Desa Mamodu John Bora Pajaga, Kepala desa tetangga desa Rajaka  yang diwakili oleh kadus 1, mitra Program desa, Para Tokoh adat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta warga desa Mamodu.  *** (AH/011-22).-