HPI SBD DIKUKUHKAN DI KADULA

by -314 views

Tambolaka-SJ………. Pengurus Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) dilantik dan dikukuhkan oleh ketua DPD HPI provinsi Nusa Tenggara Timur Agustinus M. Bataona, M.Fil, Senin (19/10/20).-

Ketua terlantik HPI SBD, Hugo Dalupe (tengah) saat memberikan sambutannya

Turut hadir dan menyaksikan pelantikan tersebut, Bupati  SBD, dr. Kornelius Kodi Mete, Kapolsek Loura  AKP I Ketut Mastina, S.Sos,  Sekretaris DPD HPI NTT  Rode Maukari, S.Pd, beberapa pimpinan OPD dan Asisten  Setda SBD.

Pelantikan yang dilakukan di halaman terbuka depan kantor Bupati SBD ini tetap dengan mengikuti anjuran protokol kesehatan. Ketua HPI SBD terlantik Hugo Dalupe dengan 20 orang anggota HPI SBD tampak menggunakan masker dan menjaga jarak.  

Bupati SBD, Kornelius Kodi Mete (tengah) saat memberikan sambutan

Bupati SBD dalam sambutannya menyambut baik pelantikan HPI SBD saat ini.  Dengan terbentuknya HPI SBD dapat memberi kontribusi bagi kemajuan pariwisata di SBD dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah serta meningkatkan pendapatan masyarakat melalui guide (pemandu wisata lokal) yang berkompeten.  

Aset dan potensi wisata yang dimiliki SBD sat ini diantaranya keragaman budaya, seni, keindahan alam dan berbagai potensi lainnya menjadi sorotan banyak wisatawan domestic maupun manca negara. Oleh karena itu pengembangan sektor pariwisata menjadi prioritas daerah melalui program 7 Jembatan Emas salah satunga desa wisata.

Bupati Kornelius juga berharap HPI menjadi salah satu garda terdepan kemajuan sektor pariwisata di SBD. HPI akan menjadi pionir untuk merubah pola pikir masyarakat menjadi pemandu wisata lokal. HPI SBD juga diharapkan memberikan bimbingan, pelatihan dan pengembangan SDM secara berkelanjutan sebagai bagian untuk mempersiapkan generasi baru yang memiliki potensi mendukung kemajuan pariwisata SBD.  Memajukan pariwisata tidak bisa dilakukan sendirian tetapi memerlukan kerjasama sinergitas para pemangku kepentingan baik pemerintah, dunia usaha maupun masyarakat.

“Kita harus memiliki gerak dan langkah yang sama dalam membangun pariwisata SBD, untuk partisipasi dan peran masyarakat di SBD, pelaku usaha pariwisata maupun Pemerintah SBD merupakan satu keharusan dalam membangun pariwisata yang  berkelanjutan” pungkasnya. **** (OC$),-