DINAS PARIWISATA SBD GELAR SOSIALISASI SADAR WISATA

by -697 views

Tambolaka-SJ………. Bertempat di aula hotel Sinar Tambolaka desa Kalena Wanno Kecamatan Kota Tambolaka Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) Nusa Tenggara Timur, Bupati SBD, dr. Kornelius Kodi Mete mmebuka dengan resmi kegiatan sosialisasi sadar wisata, Selasa (9/3/21).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata ini dengan maksud untuk meningkatkan pemahaman pemerintah desa, masyarakat dan stakeholder (pemangku kepentingan) pariwisata di desa  wisata akan pentingnya sapta pesona, dan sadar wisata.

Selain itu untuk meningkatkan keterlibatan pemerintah desa, masyarakat dan stakeholder pariwisata dalam melestarikan obyek-obyek wisata di wilayah SBD. Dan tujuan ketiganya adalah untuk mengembangkan dan melestarikan seni budaya daerah yang mengandung nilai-nilai budaya yang hidup dan berkembang dalam masyarakat sehubungan dengan nilai kepariwisataan.

“Adapun tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan pemahaman sapta pesona di desa wisata, meningkatkan pemahaman model pengembangan dan membangun desa wisata, adanya kesepahaman dalam upaya penguatan kelembagaan dan SDM di desa wisata, dan tercipta komunikasi yang baik antara pemerintah daerah, stakeholder kepariwisataan dan masyarakat di desa wisata” ungkap kadis Pariwisata dalam sambutannya.

Bupati Kornelius dalam sambutannya menyambut baik kegiatan sosialisasi sadar wisata ini karena  sangat mendukung program 7 jembatan emas desa wisata. Dirinya menjelaskan dalam masa pandemic covid saat ini, agar prilaku sadar wisata juga ditunjukan melalui kepatuhan masyarakat pada protokol kesehatan.

Untuk mewujudkan sapta pesona di desa wisata, sadar wisata harus didukung dengan kesadaran masyarakat mencegah dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19, sehingga para wisatawan tidak ragu dan takut untuk berkunjung ke desa wisata.

“Mari kita manfaatkan betul-betul waktu 3 hari pelatihan ini untuk memperoleh wawasan dan ilmu untuk dipraktekan di masyarakat dankomponen lain di desa , agar program desa wisata kita  wujudkan” ungkap Bupati SBD.

Bupati SBD, dr. Kornelius Kodi Mete (kiri) didampingi Kadis Pariwisata SBD, Nyoman Agus S., MT., saat membuka kegiatan sosialisasi sadar wisata

Kegiatan sosialisasi sadar wisata ini menampilkan nara sumber dari Dinas Pariwisata, Dinas Kesehatan, Lembaga IRE Jogjakarta, Forum Komunikasi Pembangunan Pariwisata, Redaktur Internasional LKBN Antara, Kepala Desa Tebara Sumba Barat, UMKM Aroma Kopi Sumba, Pengelola Taman Rekreasi Kolam Cemara Kabupaten Sumba Barat dan tenaga medis Dinas Kesehatan. Peserta yang mengikuti kegiatan ini 20 orang dari unsur masyarakat dan pemerintah desa. *** (002/SJ/21),-