HIMPUNAN PRAMUWISATA SUMBA TENGAH DIKUKUHKAN

by -241 views

Waibakul-SJ…………  Sebanyak 12 orang perwakilan pengurus Himpunan Pramuwisata Indonesia Tingkat Kabupaten Sumba Tengah dari total keseluruhan 76 orang dikukuhkan oleh Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Himpunan Pramuwisata Indonesia NTT Agustinus Mbata Ona, S. Fil.

Pengukuhan tersebut turut disaksikan Wakil Bupati Sumba Tengah, Ir. Daniel Landa, Ketua DPC Himpunan Pramuwisata Indonesia Cabang Sumba Tengah, Drs. Chris Umbu Riada dan Ketua DPP Himpunan Pramuwisata Indonesia, Sang Putu Subaya. Selasa (30/3/2021).

Wakil Bupati Sumba Tengah, Ir. Daniel Landa mengatakan keberadaan dan peran pramuwisata tidak bisa dianggap sebelah mata, keberadaan pramuwisata harus terus didukung dan dibina sehingga dapat berperan lebih efektif dalam menggerakkan komponen-komponen pendukung kepariwisataan daerah.

Kehadiran Himpunan Pariwisata Indonesia (HPI) tidak hanya sebagai sumber informasi tentang kepariwisataan, akan tetapi HPI juga dituntut  harus mampu memperdayakan nama kelembagaannya untuk meningkatkan perekonomian, sebab Himpunan Pramuwisata sendiri adalah organisasi non politik yang merupakan wadah tunggal pribadi yang berprofesi sebagai pramuwisata.

“Kita memiliki banyak potensi-potensi pariwisata unggulan di Sumba Tengah yang sangat diminati dan digemari para wisatawan diantaranya situs perkampungan adat megalitikum, air terjun matayangu, air terjun harangi, air terjun mbola, air terjun harunda, pesona bukit JW Food Estate, peson bukit kawaru mema,  dan tidak terkecuali pantai 5 Bidadari yang berada di bagian selatan Sumba Tengah yang menawarkan pesona pantai berwarna biru yang indah diselingi dengan ombak putih bukit-bukit batu yang menawan serta pasir putih panjang.

Oleh karena itu, peran penting seorang pramuwisata sangat dibutuhkan dalam memandu para wisatawan yang datang berkunjung di Sumba Tengah. Selain itu, pramuwisata juga dapat menjadi agent, informasi, motivaror dan komunikator dibidang kepariwisataan daerah serta meningkatkan kualitas kerja sama antar pelaku pariwisata daerah Sumba Tengah.” Ucap Wakil Bupati. *** (Yunia & Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sumba Tengah),-