DUBES INGGRIS KUNJUNGI BLK DON BOSCO SUMBA

Tambolaka-SJ……Duta Besar (Dubes) Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins mengunjungi pulau Sumba Jumad 26/08/2022 di Balai Latihan Kerja (BLK) Don Bosco Sumba, Desa Weepangali, Kecamatan Loura Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) dan desa Mate Redi, Kecamatan Katikutana Kabupaten Sumba Tengah dalam Rangka Peresmian Pembangkit listrik Tenaga Surya (PLTS), demikian disampaikan Kepala BLK Don Bosco Bruder Ephrem Santos, SDB melalui WhatsApp.

Lebih lanjut Br. Ephrem mengatakan Dubes Ingrris datang ke Sumba untuk meresmikan PLTS terpusat off-grid di Mata Redi, Kecamatan Katikutana, Kabupaten Sumba Tengah pada hari Jumat, 26 Agustus 2022.

“Beliau berkunjung ke BLK Don Bosco untuk melihat secara langsung tempat pelatihan ini, karena pada tahun 2021 BLK Don Bosco melatih sejumlah anak khususnya di bidang listrik sel surya termasuk yang kini dipercayakan mengelola PLTS dengan baterai kapasitas 60 kWp dan 35 kWp di Sumba Tengah” ungkapnya.

Br. Ephrem mengatakan Dubes memberikan pujian untuk peserta pelatihan dan berharap apa yang sudah dilakukan selama ini terus ditingkatkan.

Br. Ephrem juga berharap, ke depan lebih banyak anak muda Sumba yang bergabung di BLK Don Bosco untuk melatih ketrampilan dan meningkatkan skillnya. Dan berharap Kerjasama dengan pihak Inggris dapat ditingkatkan lagi.

Untuk diketahui PLTS yang diresmikan Program MENTARI (Menuju Transisi Energi Rendah Karbon Indonesia) sebagai program kerja sama antara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia dengan Kedutaaan Besar Inggris Jakarta, PLTS Terpusat 60 kWp dan 35 kWp di Desa Mata Redi dan Mata Woga, Kabupaten Sumba Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Kepala BLK Don Bosco Bruder Ephrem Santos, SDB.

Akses energi bersih juga akan membawa manfaat lainnya seperti tempat usaha dan fasilitas kesehatan dapat beroperasi lebih lama, menyediakan wadah pendingin untuk obat-obatan; anak-anak dapat belajar dengan lebih baik di malam hari dan lampu-lampu jalan bisa terus menyala dan membantu meningkatkan mobilitas yang aman di malam hari.

Baca Juga :   LAUNCHING MOTOR LISTRIK GESITS DI SBD

BLK Don Bosco tempat dilatih 10 anak muda dari Desa Mata Redi jurusan PLTS. 10 anak ini yang akan mengelolah PLTS yang diresmikan. *** (EBuga/009-22).-