Direktur Dana Bank NTT Bagikan Buku Tabungan Simpel Kepada Pelajar

Waikabubak-SJ…………  Direktur Dana dan Treasury Bank NTT Yohanis Landu Praing membagikan buku tabungan Simpel kepada sejumlah pelajar yang ada di Enam Kecamatan se Kabupaten Sumba Barat Selasa,(21/12/2021)di Aula Kantor Bupati Sumba Barat Weekarau.

Direktur Dana dan Treasury Bank NTT Yohanis Landu Praing dalam sambutannya menyampaikan bahwa kerja Tim TPAKD,  salah satu kegiatan yang saat ini kita ikuti bersama. Bank NTT secara aktif bersama Tim TPAKD melakukan sosialisasi program satu pelajar satu rekening di 6 Kecamatan yang ada di Kabupaten Sumba Barat dan untuk rencana tindak lanjut saat ini akan diserahkan buku tabungan pelajar untuk jenjang SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA dan SMK/SMTK se-Kabupaten Sumba Barat sebanyak 42 orang yang mewakili dari masing-masing kecamatan di Kabupaten Sumba Barat.

“Total siswa di Kabupaten Sumba Barat sebanyak 36. 982 siswa yang terdiri dari siswa SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA dan SMK/SMTK. Total Tabungan simpel (tabungan pelajar) yang telah direalisasikan dalam pembukaan rekening simpel untuk seluruh pelajar di Kab sumba barat yaitu sebanyak 11. 528 orang” ungkapnya.

Yohanis menjelaskan, total Tabungan Simpel yang akan dibuka rekening oleh Bank NTT setelah sosialisasi dengan tim TPAKD adalah sebenyak 25, 454 orang siswa dengan target pada bulan Maret tahun 2022  yang memiliki potensi usaha dalam bidang Pertanian, peternakan, perdagangan dan lain-lain.

Disisi lain Bumdes Iye Teki juga berkerja sama dalam CMS (Cash Management Sistem) dimana pengelolaan keuangan dapat dilkukan melalui fasilitas online, dan pada saat ini untuk persiapan di tahun 2022 Bank NTT sudah mempersiapkan Desa Wetana Kecamatan Laboya Barat sebagai Desa Binaan Bank NTT yang bergerak di Bidang Pertanian dan pada tanggal 20 Desember 2021 Bank NTT bersama Bumdes dan Pejabat terkait turut hadir dalam melakukan awal penanaman Padi Ladang (Gogo) di Desa Wetana Kecamatan Laboya Barat. Selain itu Bank NTT telah memberikan skim kredit merdeka pada 3 orang kelompok tani yang bergerak di bidang usaha pertanian.

Baca Juga :   BPBD Sumba Barat Evakuasi Korban Banjir di Desa Baliloku

“Menabung di BANK NTT sama dengan Membangun NTT,  Kabupaten Sumba Barat.  Dengan adanya kolaborasi Pemda dan BANK NTT diharapkan kelompok pelajar atau siswa memiliki potensi yang besar untuk peningkatan inklusi keuangan dalam menjalankan program pemerintah. Serta kebiasaan menabung perlu ditanamkan sejak dini untuk mempersiapkan kebutuhan masa depan anak-anak di Kabupaten Sumba Barat” jelasnya.

Selain simpanan pelajar Bank NTT juga mengharapkan kerjasama dalam pembayaran PBB-P2 online untuk mendukung kabupaten Sumba Barat dalam mengoptimalkan pendapatan asli daerah melalui pembayaran PBB serta mewujudkan tata kelola keuangan daerah yang baik. Pembayaran pajak secara online memberikan kemudahan seperti efisiensi waktu dan biaya kepada masyarakat. Melalui pembayaran online masyarakat juga tidak perlu kuatir terjadinya kesalahan perhitungan pajak karena tagihan pajak telah tersistem secara otomatis.

Adapun Program yang diluncurkan oleh Bank NTT pada tahun 2021 ini yaitu Program Desa binaan Bank NIT, salah satu desa binaan yang sudah berjalan saat ini yaitu Desa Tebara. Bank NTT Bekerja sama dengan Bumdes Iye Teki dalam memberikan salah satu Skim Kredit merdeka dengan Bunga 0% pada setiap petani.

Yohanis Landu Praing bahwa Modal dan Dividen Pemerintah Kabupaten Sumba Barat Rp.70.374.675.428,62.00,-. *** (Yunia/004-21),-