Desma Centre Lanjutkan Pendampingan SMK di Sumba Demi Wujudkan Program Pariwisata Berkelanjutan

Suarajarmas.com – Desma Centre yang selama 2 tahun telah mendampingi SMK Pancasila dan SMKN I Tambolaka, kembali melanjutkan pendampingan bagi SMK-SMK lainnya di kabupaten SBD dan Sumba Barat untuk menjadikan Sumba menjadi daerah destinasi wisata ke depan.

Program pariwisata berkelanjutan ini merupakan implementasi dari Instruksi Presiden No. 9 Tahun 2016 tentang peningkatan mutu dan daya saing SDM, dimana Pemerintah Indonesia mencanangkan program Revitalisasi TVET (Pendidikan dan Pelatihan Teknik dan Kejuruan). Program tersebut untuk meningkatkan daya saing tenaga kerja Indonesia di tingkat nasional maupun internasional.

Demikian disampaikan oleh Direktur Desma Centre, Wiwik Mahdayani saat memaparkan materi dalam kegiatan Kick Off program TVET for Sustainable Tourism Development in Sumba, di aula Pasola Hotel Sinar Tambolaka Desa Kalena Wanno Kecamatan Kota Tambolaka Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD), Kamis (26/1/2023).

Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati SBD, dr. Kornelius Kodi Mete, Kadis Pariwisata SBD, Kepala Bappelitbangda SBD, kepala sekolah SMK di kabupaten SBD dan Sumba Barat, pelaku pariwisata dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Bupati SBD mengapresiasi Desma Centre yang telah berkarya di SBD dan saat ini mengembangkan sayapnya di kabupaten Sumba Barat, untuk melakukan pendampingan bagi SMK di Sumba demi meningkatkan kualitas SMK untuk menyiapkan tenaga kerja yang siap pakai khususnya dalam menyambut pariwisata.

“Saya bersyukur dengan kehadiran orang-orang baik saat ini yang peduli pada peningkatan kualitas SDM, apalagi Sumba adalah daerah potensi wisata ke depan” ungkap Bupati Kornelius Kodi Mete.

Untuk diketahui bahwa Desma Centre saat ini akan mendampingi 5 SMK yang tersebar di kabupaten SBD dan Sumba Barat.

Peserta yang hadir khususnya SMK-SMK memberikan respon positif atas pendampingan Desma Centre dengan dukungan Misereor dan berharap program ini akan berdampak pada kesiapan Sumba sebagai daerah destinasi wisata.

Baca Juga :   Bupati Kornelius Perpanjang PPKM di SBD

Hingga berita ini diturunkan, kegiatan Kick Off Program TVET Sustainable Tourism Development in Sumba masih berlangsung dengan adanya diskusi antara peserta dengan Desma centre dan Misereor. *** (Octa/002-23). –