DESA WATU KAWULA GELAR MUSDES PENETAPAN RKPDes TAHUN 2023

Suarajarmas.com, TambolakaBertempat di aula kantor desa Mareda Kamou, Desa Watu Kawula Kecamatan Kota Tambolaka Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) Nusa Tenggara Timur,  pemerintah desa Watu Kawula  menyelenggarakan Musyawarah Pembangunan Desa (Musdes) yang dipimpin langsung oleh kepala desa, dihadiri oleh BPD, LPM, Plt Kepala Desa mekar, LSM, Pendamping Desa, tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya.

Kepala Desa Watu Kawula, Laurensius Todo dalam sambutannya mengatakan Musdes ini dalam rangka menetapkan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPdes) tahun 2023. RKPDes ini merupakan hasil dari usulan-usulan musyawarah dusun dan akan dibawa ke Musrenbangcam hingga Musrenbangkab.

“Untuk diketahui oleh masyarakat desa Watu Kawula, program kerja yang ditetapkan ini mengikuti regulasi-regulasi yang ada. Program yang ditentukan disesuaikan dengan kondisi keuangan desa. Yang dijalankan secara transparan dan tenggung jawab” ungkap kepala desa Laurensius Todo.

Lebih lanjut Laurensius mengatakan dalam Musdes kali  ini, juga dilakukan penetapan Peraturan Kepala Desa (Perkades) tentang Keamanan, Ketertiban, Kesehatan, Adminsitrasi, dan Ekonomi tahun 2023 untuk mewujudkan desa pelaksanaan pembangunan desa Watu Kawula yang aman, tentram,  sehat dan sejahtera.

Kepala Desa Laurensius Todo berharap dengan adanya Perkades ini, desa Watu Kawula dapat mewujudkan program 7 Jembatan Emas pemerintah daerah dan mewujudkan desa yang sejahtera. Perkades ini merupakan kesepakatan bersama antara pemerintah desa, BPD, pemerintah kecamatan, pendamping desa dan pendamping lokal desa serta masyarakat desa Watu Kawula.

Sementara itu Ketua BPD, Adolf Kadingi Oli mengatakan Musdes ini menetapkan RKPDes tahun 2023, yang menjadi acuan dan pedoman desa dalam menjalankan roda pemerintahan dan roda pembangunan desa Watu Kawula.

“Kita mendukung penetapan RKPDes ini, masyarakat juga harus memahami bahwa perencanaan pembangunan desa akan disesuaikan dengan kekuatan dana desa yang ada. Jadi kita harus mengerti dan memahami apabila ada usulan-usulan dari masyarkat yang telum terjawab” tutur Adolf Kadingi Oli.

Baca Juga :   PENDAMPING DESA PROVINSI LAPOR DIRI KE DINAS PMD

Dirinya juga mendukung penuh dengan ditetapkannya Perkades saat ini, yang menjadi pedoman bagi pemerintah desa dalan menjalankan pembangunan desa Watu Kawula demi keamanan, ketertiban dan kesejahteraan desa.

Dipantau oleh media ini kegiatan Musdes berjalan dengan aman dan lancar, serta masyarakat masih mendapat kesempatan untuk memberikan saran masukan serta pertimbangan-pertimbangan lainnya. Kegiatan Musdes yang dimulai pada pagi hari selesai pada sore hari. *** (Octa/002-23).-