DESA NGADU PADA MILIKI 4 SUMUR BOR

Gollu Kalogho-SJ……………. Kebutuhan akhir merupakan hal yang mendasar dalam kehidupn manusia. Tanpa air manusia tidak bisa memenuhi kebutuhannya. Hal ini yang membuat desa kepala desa Ngadu Pada menganggarkan 4 sumur bor dalam menjawab kebutuhan air bersih untuk masyarakatnya. Bahkan setiap dusun memiliki 1 Sumur Bor.

Kepala Desa Ngadu Pada, Yulius Bili

Kepala desa Ngadu Pada Kecamatan Tana Righu Kabupaten Sumba Barat, Yulius Bili mengatakan kepada media bahwa demi menjawab ketersedian air, pemerintah desa menganggarkan 4 sumur bor untuk desa Ngadu Pada. 4 sumur bor tersebut tersebar di 4 dusun yang ada di desa. 3 sumur sudah ada air dan  masyarakat sedang menggunakan sedangkan 1 sementara proses pengerjaan sedikit lagi air sudah keluar. Jadi setiap dusun memiliki 1 sumur bor.

“Pada setiap sumur bor  telah disiapkan penampung 1 fiber dengan kapasitas 5 ribu liter. Setiap hari 5 – 7 fiber kita isi air, karena memang kebutuhan air sangat mendasar dalam kehidupan” ungkapnya.

Lebih lanjut  Yus Bili mengatakan tujuan pengadaan sumur bor bisa memenuhi kebutuhan air masyarakat, apalagi kalau musim kemarau masyarakat saya harus pergi ambil air di desa tetangga, ada yang ojek pake motor, ada juga yang beli pake tongki. Sehingga dengan adanya sumur bor bisa menggurangi beban masyrakat, uang yang pake beli air bisa di pake pada kebutuhan lain. Masyarakat bisa memanfaatkan air yang ada untuk keperluannya.

Yus Bili mengharapkan agar Sumur Bor dan penampung Fiber dijaga oleh masyarakat. karena air dan penampung Fiber ini adalah milik kita bersama. Dengan adanya air ini masyarakat dapat memanfaatkan pekarangan rumah yang kosong, buat dapur hidup tanam sayur, lombok, tomat, terong barang ini juga merupakan kebutuhan dasar dalam rumah tangga. Kalau ini sudah di tanam dirinya yakin tidak akan beli lagi dipasar dan bahkan bisa dijual kembali sehingga dapat memberdayakan ekonomi masyarakat dan bisa juga meningkatkat pendapatan keluarga.

Baca Juga :   Babinsa dan Babinkamtibmas Bersinergi Beri Pelatihan PBB ke Linmas

“Kita juga rencanakan tahun depan air ini langsung kita alirkan ke rumah warga dan dikelola olah BUMDES”  tutupnya.***

Liputan: Emil Buga.-

Leave a Reply

Your email address will not be published.