Dekranasda Malaka Gelar Pelatihan PKW Bagi 51 Anak Putus Sekolah

Malaka-SJ………… Dekranasda Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur, menggelar sosialisasi pelatihan  Pendidikan Kewirausahaan (PKW) tekun tenun Indonesia bersama peserta nomengklator penggiat kain tenun adat khas Malaka di Aula Suster Betun.

Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) bagi 51 anak putus sekolah di NTT yang berusia 15 – 25 Tahun, secara resmi dibuka oleh Bupati Malaka Dr.Simon Nahak,SH ,MH.,  Melalui Asisten III Drs. Yosep Pareira,  Senin (25/10/2021).

drg.Maria Nahak menyampaikan Program PKW ini dilakukan atas kerja sama antara Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI bekerjasama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah se-Provinsi NTT, termasuk  Dekranasda Kabupaten Malaka.

“Peserta dalam kegiatan PKW berjumlah 1.000 Orang se-NTT dan khusus peserta dari Kabupaten Malaka sebanyak 51 Orang yang akan mengikuti program PKW selama 47 Hari kerja dari tanggal 25 Oktober hingga 20 Desember mendatang” ungkap Istri Bupati Malaka itu.

Lebih lanjut, drg. Maria Nahak menjelaskan bahwa Program PKW bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan, keterampilan, sikap dan pola pikir berwirausaha melalui kursus dan pelatihan kepada peserta didik yang sesuai dengan kebutuhan Dunia Usaha/Dunia Industri dan atau Dunia pasar.

Selain itu juga, kegiatan ini untuk memotivasi dan menciptakan rintisan usaha baru serta pendampingan untuk dapat berkembang dan mampu bermitra dengan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)/Dunia Usaha, Permodalan, Pemasaran serta Instansi terkait.

Ketua Dekranasda Malaka juga mengharapkan dengan adanya Program ini Peserta yang mengikuti Pendidikan Kecakapan Wirausaha proaktif dan mampu merintis dan mengembangkan usahanya secara mandiri.

“Karena itu, pergunakan kesempatan ini sebaik – baiknya dan berkomitmen untuk memperoleh ilmu dan kemampuan dari para Instruktur dan hendaknya pergunakan kesempatan ini, untuk menjadi seorang penenun yang profesional,” ujarnya.

Baca Juga :   POLRES SBD PEDULI MASYARAKAT YANG TERDAMPAK COVID-19

Untuk diketahui, Program PKW Se NTT telah diresmikan secara langsung oleh ibu Wakil Presiden Wury Ma’ruf Amin yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Kerajinan Nasional Pusat bertempat di Gedung Dekranasda Provinsi NTT,  disela-sela mendampingi kunjungan Wakil Presiden ke NTT tanggal 16-17 Oktober 2021.

Sebelumnya dalam penyampaian Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), Ny. Wury Ma’ruf Amin mengharapkan program pendidikan kecakapan wirausaha (PKW) mampu menciptakan wirausaha baru di bidang produksi kain tenun di Nusa Tenggara Timur (NTT).

“PKW ini diharapkan mampu menciptakan wirausaha-wirausaha baru dalam upaya pengembangan ekonomi masyarakat di bidang tenun yang merupakan salah satu komoditas unggulan di NTT,” katanya dalam acara Peresmian Pembukaan Program PKW Tekun Tenun Indonesia di Kupang, NTT.

Ia mengapresiasi Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang telah bersinergi dengan Dekranas dan Dekranasda NTT untuk menghadirkan program PKW di NTT. *** (Viki/017-21),-