DANDIM 1613/SUMBA BARAT TINJAU LOKASI PEMBUATAN POMPA HIDRAM

Waikabubak-SJ………… Program pompa hidram Kodam IX/Udayana hingga saat ini sedang dikerjakan oleh prajurit Kodim 1613/Sumba Barat dan masyarakat yang tersebar di beberapa lokasi. Pompa hidram ini sebagai upaya TNI AD dalam membantu mengatasi dan memudahkan masyarakat mendapatkan air bersih.

Agar pelaksanaan pekerjaan berjalan lancar sesuai harapan, Dandim 1613/Sumba Barat Letkol Czi Rahadian Firnandi,S.Hub.Int., rutin meninjau setiap titik lokasi pembuatan Pompa Hidram selain untuk mengetahui secara langsung progres pekerjaannya, juga untuk memberi motivasi bagi prajuritnya yang bekerja bersama masyarakat salah satunya mengecek langsung Pompa Hidram yang telah selesai di kerjakan yang berada di Dusun dua Desa Dokakaka Kecamatan Loli Kabupaten Sumba Barat, Selasa (27/09/2022).

Dandim 1613/Sumba Barat Letkol Czi Rahadian Firnandi,S.Hub.Int  meninjau Pompa Hidram di Desa Dokakaka mengatakan lahan atau pekarangan di desa ini sangat cocok untuk pertanian. Pihaknya mengajak masyarakat agar bisa memanfaatkan lahan pekarangan yang ada untuk menanam tanaman sayur mayur dan tanaman produktif lainnya.

“Saya lihat sepintas, lahan pekarangan masyarakat sangat cocok untuk pertanian, Kami harap setelah Pompa Hidram ini beroperasi, maka air yang ada selain untuk mandi, cuci dan masak, bisa dipakai untuk menyiram sayur di pekarangan. Minimal untuk kebutuhan dalam rumah tangga sudah teratasi,” kata Dandim 1613/Sumba Barat.

Dandim berterima kasih kepada aparat desa dan masyarakat yang selalu berkomunikasi dan kerjasama dengan Babinsa dalam proses pengerjaan Pompa Hidram ini, sehingga berjalan dan telah rampung dikerjakan.

“Dengan dibangunnya Pompa Hidram ini, semoga dapat mengatasi kesulitan masyarakat khususnya air bersih. Air ini juga dapat membantu masyarakat bisa menanam sayur, tomat, cabai, dan lainnya, agar bisa menolong ekonomi dalam rumah tangga,” ucap Dandim1613/Sumba Barat.

Baca Juga :   SEJUMLAH PERSONIL POLRES SBD DAN BRIMOB YON A/SBD NAIK PANGKAT

Disampaikan juga oleh Dandim, pihaknya bangga dan berterimakasih kepada masyarakat desa Dokakaka dengan kondisi medan yang sulit ini, namun dukungan yang diberikan masyarakat kepada Kodim sangat tinggi selama pembangunan pompa hidram ini.

“Kami sangat berterima kasih kepada masyarakat, dukungan seperti ini yang dibutuhkan sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan masyarakat, Karena bagaimanapun rakyat adalah ibu kandung TNI,” ujar Dandim.

Sementara Kepala Desa Dokakaka Yosef Lede mengucapkan terima kasih kepada Pangdam IX/Udayana bersama Dandim 1613/SB dan seluruh jajaran, atas perhatian dan kepedulian kepada masyarakat Desa Dokakaka salah satunya sudah selesai dikerjakan dan bisa di manfaatkan oleh warga.

“Kami bersyukur dan berterima kasih kepada Tuhan, karena telah mengutus Bapak Pangdam IX/Udayana, Bapak Dandim 1613/SB dan juga Bapak Babinsa, datang bekerja untuk membantu mengatasi kesulitan kami masyarakat disini akan merawat dan mendukung program ini hingga tuntas,” ungkap Kepala desa Yosef Lede.

Ditambahkannya, Terimakasih TNI AD, yang sangat peduli terhadap kami masyarakat Desa Dokakaka, tutupnya.

Pembangunan pompa hidram di Desa Dokakaka di dua titik lokasi salah satunya di Dusun dua Wolladango yang sudah selesai dikerjakan dan di Dusun satu Weelolo proses pengerjaanya sudah mencapai 95 persen yang rencananya akan diresmikan bertepatan HUT TNI pada 5 Oktober 2022 mendatang. *** (Nia/004-22).-