Cegah Penyebaran Covid-19, TP PKK Sumba Tengah Bagikan Masker Gratis

Ketua TP PKK Sumba Tengah, Dra. Theresia L. Boro, M.Si

Waibakul-SJ ……. Tim Penggerak PKK Kabupaten Sumba Tengah menaruh perhatian penuh terhadap penanggulangan dan pencegahan penyebaran Covid-19. Hal tersebut terlihat saat Ketua TP PKK Dra. Theresia L. Boro, M.Si bersama Wakil Ketua TP PKK Adriana A. Mbuli, S.Pd mengunjungi Pasar Waibakul untuk membagi-bagikan masker kain kepada pedagang dan pengunjung di pasar tersebut. Sabtu kemarin (24/04/2020).

“Pembagian masker ini dilakukan sebagai upaya membantu pemerintah dalam penanganan dan pencegahan memutus mata rantai penyebaran virus corona,” ujarnya.

Lebih lanjut kata Theresia, sebagai antisipasi kita semua harus mengunakan masker saat keluar rumah, maka dari itu kita membagikan masker kepada masyarakat.

Kepada seluruh masyarakat, Theresia menyarankan agar senantiasa menjaga kebersihan dengan cara mencuci tangan sebelum sesudah melakukan aktifitas.

Selain itu, dirinya juga menganjurkan agar seluruh masyarakat senantiasa mengkonsumsi makanan bergizi seperti makan sayur dan buah-buahan. Kemudian diikuti juga dengan kegiatan olahraga secara teratur dan senantiasa menghindari dari dari keramaian.

Dirinya menilai masyarakat Sumba Tengah sudah banyak yang sadar akan bahaya yang ditimbulkan akibat dari virus ini. Untuk itu Ia menghimbau agar setelah mendengar himbauan ini untuk diaplikasikan kepada keluarga maupun orang lain.

Sementara Kepala Puskesmas Wairasa, Oktovina K. Lindinau, A.Md. Kep mengatakan pentingnya memakai masker dikarenakan saat ini penularan virus ini melalui udara dan bertahan selama 4 jam. Oleh sebab itu, diwajibkan kita semua agar memakai masker bila sedang keluar rumah.

Lebih lanjut Oktovina menambahkan agar selalu menjaga kebersihan diri dengan selalu mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir dan menjaga jarak dengan sesama ketika sedang berkomunikasi.

Baca Juga :   KODI UTARA SIAP MENANGKAN PUTRA TERBAIKNYA

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Sumba Tengah, Drs. Sofrein U. S. Marisi mengatakan masker kain yang dibagikan di pasar Waibakul sebanyak 350 lembar,  sedang dalam proses pembuatan sebanyak 1.000 lembar lagi untuk dibagikan di Pasar Mananga dan Pasar Maderi.

“Masker tersebut diproduksi dibeberapa tempat yaitu Panti Asuhan Sinar Harapan Waibakul, Ibu-Ibu PKK Desa Makatakeri dan Ibu-Ibu PKK Desa Manuwolu sebagai upaya peningkatan ekonomi masyarakat” katanya. 

Pantauan media pembagian masker kain juga dibantu oleh tim relawan Covid-19 Desa Anakalang dan Pemuda Sayap Gogali (PSG).  *****

Liputan: Yunia Boling,-