CAPAIAN PEMBANGUNAN SBD DI HUT KE-74 RI

Tambolaka-SJ …………………  Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke 74 Republik Indonesia dilangsungkan upacara di Stadion Galatama Tambolaka Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) Sabtu 17/8/19 yang dipimpin langsung oleh Bupati MDT sebagai inspektur upacara.  Ribuan masyarakat memadati stadion utama Galatama, ASN, TNI-POLRI, Pelajar SD sampai Perguruan Tinggi, BUMN, tokoh Agama dan DPRD SBD.

Turut hadir dalam upacara HUT Ke-74 RI yang mulia Uskup keuskupan Weetebula, MGR. Edmud Woga. CSsR, wakil bupati Drs.Ndara Tanggu Kaha, wakil ketua DPRD Hermanus Ndara Jakadana, Kejaksaan, Pejabat Sekda, staf ahli, asisten, pimpinan OPD, ketua PKK, ketua Bayangkara dan Persit Kartika Candra Kirana.

Dalam sambutanya Bupati SBD, Markus Dairo Talu, S.H mengatakan kemerdekaan yang kita raih dan nikmati saat ini, bukan karena pemberian bangsa lain, tapi atas berkat Tuhan Yang Maha Kuasa,  perjuanganan heroik para pendahulu dan jasa para pahlawan bangsa. Pengorbanan jiwa raga, harta dan air mata sepenuhnya dipertaruhkan demi melindungi dan mempertahankan bumi pertiwi dari cengkraman bangsa penjajah. Walaupun jasad dan raga para pahlawan kini lebur bersama bumi tetapi semangat perjuangan dan pengorbanan menjadi warisan luhur sejarah yang tak kenal padam di tengah hantaman derasnya perubahan ilmu pengetahuan dan teknologi di zaman makin modern.

“Semangat inilah yang harus kita jaga dan warisi dari para pendiri bangsa, dengan merawat dan menjaga NKRI sepanjang hayat” katanya.

Lebih lanju MDT mengatakan tugas generasi mengisi kemerdekaan dengan pengabdian dan perjuangan yang sebesar-besarnya bagi negara dan bangsa, semangat yang kita jalani sejalan dengan tema HUT RI Ke 74 yaitu “Menuju Indonesia Unggul“.

MDT juga menjelaskan dalam kontes lokal keberhasilan pembangunan diberbagai sektor dapat dicapai, walaupun kita menyadari bahwa masih banyak upaya yang lakukan yang kita perbaiki. Atas kerja keras semua pihak, kita telah mampu meningkatkan pembangunan di berbagai sektor.  

Bupati MDT saat memimpin Upacara HUT Kemerdekaan ke-74 RI di stadion Galatama Tambolaka

Pembangunan di sektor kesehatan, Pemda telah melakukan berbagai kebijakan dibidang kesehatan di antaranya pemenuhan tenaga kesehatan, pembangunan sarana prasarana, seperti pembangunan puskesmas, dengan fasilitas rawat inap, kebutuhan alat kesehatan, puskesmas pembantu, ambulance sampai dengan saat ini 16 puskesmas yang sebelumnya 8 puskesmas pada tahun 2012. Dalam rangka mendukung pelayanan yang optimal Pemda SBD telah memiliki RSUD Pratama Reda Bolo yang telah di resmikan dan digunakan saat ini.

Baca Juga :   Direktur Dana Bank NTT Bagikan Buku Tabungan Simpel Kepada Pelajar

Pembangunan Infastruktur jalan, sampai dengan tahun 2019 telah mencapai 642 KM dengan perincian Hotmix sepanjang 138 KM, jalan perkerasaan lapen 363 KM, jalan perkerasan sertu 141 KM. Pembangunan infastruktur jalan sebagai upaya untuk membuka akses ke wilayah yang terisolir.

Disektor pajak, sampai dengan 13 Agustus 2019 terdapat 20 desa dari 8 kecamatan yang telah menyetor lunas PBB 100%. Pemerintah terus melakukan sosialisasi untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat membayar pajak bumi dan bangunan.

Disektor Pertanian, Pemda telah membagi Alsintan kepada kelompok tani diantaranya berupa Traktor Besar 27 unit, traktor roda dua 469 unit dan alat tanan 22 unit. Disamping itu pemda telah membangun 2 bendungan besar dan 17.540 M irigasi yang mengairi lahan seluas 1.033 hektar sehingga dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan produksi tanaman pertanian dan perkebunan.

Wakil Ketua DPRD SBD, Hermanus Ndara Jakadana saat membacakan teks Proklamasi

Pada tahun ini kita telah selesaikan tapal batas antara Pemda Sumba Barat dan Pemda SBD pada segmen selatan desa Karang Indah yang kurang lebih sejak tahun 2012 belum ada penyelesaiannya.

Demi mendukung kebijakan Pemerintah Pusat bidang pertahanan, Pemda SBD telah menghibahkan tanah seluas 5 hektar untuk pembangunan Kodim dan pembangunan sudah selesai dan tahun ini akan di resmikan.

“Dipenghujung masa bakti kami sebagai bupati dan wakil bupati SBD kami ucapkan terima kasih yang tak terhingga dan penghargaan kepada pimpinan dan anggota DPRD, Forkompimda, ASN, TNI-POLRI, dan seluruh elemen masyarakat Sumba Barat Daya atas bantuan, dukungan dan sumbangsih pemikiran yang konstruktif selama ini sehingga pembangunan di SBD dapat berjalan dengan sampai saat ini” tuturnya mengakhiri sambutan. (Emil Buga),-