CAMAT DAN KADES WAJIB AWASI DANA-DANA YANG MASUK

Suarajarmas.com  – Wakil Bupati Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD), Marten Christian Taka, S.IP.,  membuka kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan Tingkat Kecamatan (Musrenbangcam) di Kecamatan Wewewa Selatan Kabupaten SBD Provinsi Nusa Tenggara Timur, Rabu (1/3/2023).

Kegiatan Musrenbangcam yang dibuka oleh Wakil Bupati SBD dihadiri oleh Anggota DPRD SBD Dapil 3 Wewewa Selatan dari Fraksi PDIP dan Fraksi Nasdem, Camat Wewewa Selatan, Gerson Dua Ate, S.Si, Apt, Babinsa Kecamatan Wewewa Selatan, Kapolsek Wewewa Selatan, Kepala Puskesmas Tenateke, Ketua TP-PKK Wewewa Selatan, para Pimpinan OPD, para Kepala Desa se-kecamatan Wewewa Selatan, Tokoh Pendidikan, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama.

Dalam sambutannya Wakil Bupati SBD Christian Taka mengatakan,  bahwa Musrenbangcam merupakan forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan di tingkat kecamatan untuk mendapatkan masukan mengenai kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang didasarkan masukan dari Desa serta menyepakati rencana kegiatan lintas Desa.

Camat Wewewa Selatan, Gerson Dua Ate, S.SI, Apt., (kiri) menyambut Wakil Bupati SBD, Marthen Christian Taka, S.IP

“Masukan ini menjadi dasar penyusunan rencana pembangunan kecamatan yang akan dibahas lebih lanjut dalam forum OPD dan forum Musrenbang tingkat Kabupaten sebagai dasar rencana satuan kerja perangkat daerah tahun anggaran 2024. Sehingga menghasilkan suatu program atau kegiatan yang konkrit serta berdampak bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Lebih lanjut Wakil Bupati SBD menjelaskan secara substansial bahwa tujuan Musrenbangcam adalah menyepakati prioritas program pembangunan di wilayah kecamatan yang dituangkan dalam rencana pembangunan kecamatan. Dan menyepakati tim delegasi kecamatan yang akan mewakili wilayah kecamatan dalam Musrenbang Kabupaten.

Melalui kesempatan yang berbahagia ini, Wakil Bupati SBD menyampaikan bahwa harapan kita bersama kedepan adalah “Terwujudnya masyarakat SBD yang maju, berkualitas, berdaya saing, demokratis dan sejahtera”.

Baca Juga :   Pemberdayaan Organisasi Bagi Ormas di SBD

“Dengan fokus Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) terarah pada kebijakan daerah pemerintah Kabupaten SBD yang dikemas melalui program 7 jembatan emas yakni: “Desa Bercahaya, Desa Berair, Desa Berkecukupan Pangan, Desa Sehat, Desa Cerdas, Desa Aman, dan Desa Wisata,” ujarnya.

Adapun fokus atau prioritas program pembangunan Kabupaten SBD pada tahun 2024 diarahkan pada peningkatan partisipasi angkatan kerja, kualitas penyandang masalah kesejahteraan sosial dan keluarga berencana dan  peningkatan pariwisata serta mewujudkan pelestarian budaya dan adat istiadat.

Pada kegiatan Musrembangcam, Wakil Bupati SBD juga memberikan beberapa penegasan yang perlu mendapat perhatian dan tindak lanjut terkait penggunaan dana desa dan pelayanan kepada masyarakat yakni:

“Camat dan Kepala Desa wajib memberikan pengawasan terhadap seluruh dana yang masuk dalam wilayahnya melalui program kegiatan tahunan; Anggaran dana desa dan alokasi dana desa agar penggunaannya sesuai perundang-undangan yang berlaku dengan fokus pada program strategis daerah dan lebih pro terhadap kebutuhan masyarakat; serta para Camat dan Kepala Desa memberikan perhatian yang lebih bagi kegiatan pelayanan dasar di bidang pendidikan dan pelayanan kesehatan serta peningkatan ekonomi masyarakat,” tuturnya. *** (Isto/005-23),-