BUPATI SUMBA BARAT MELANTIK SAMUEL B.W. MALE SEBAGAI CAMAT LOLI

Waikabubak-SJ……….. Pelantikan dan pengambilan sumpah Pejabat Esselon III yang digelar di Aula Kantor Kecamatan Loli tersebut, dipimpin langsung oleh Bupati Sumba Barat Yohanis Dade,SH pada Selasa (04/01/2022).

Samuel B. W. Male, S.Sos dilantik menjadi Camat di Kecamatan Loli menggantikan Samuel Lango Manupele, S.Sos. Bertindak selaku saksi dalam pelantikan tersebut adalah Kepala Bagian Tata Pemerintahan dan Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Sumba Barat.

Peristiwa pengambilan sumpah dan pelantikan pejabat pemerintahan ini adalah  kegiatan strategis yang menunjukkan adanya sirkulasi kepemimpinan sekaligus menandai adanya dinamika pemerintahan guna  menyesuaikan diri dengan berbagai perkembangan yang terjadi.

Dengan demikian mutasi jabatan adalah sebuah  kebutuhan untuk menjawab dinamika internal dan eksternal yang mempengaruhi perjalanan pemerintahan di Kabupaten Sumba Barat.

Dalam sambutannya, Bupati Sumba Barat mengatakan mutasi jabatan dan atau pengisian sebuah jabatan pemerintahan oleh seorang pejabat merupakan persoalan administrasi kepegawaian yang sarat dengan perhitungan kecakapan dan kemampuan berdasarkan persyaratan–persyaratan kepegawaian yang ditentukan.

Dengan demikian pertimbangan lain relatif tidak berarti karena hal itu merupakan hakekat dari pemerintahan itu sendiri sehingga  tidak ada penafsiran ganda seputar mutasi Camat atau pejabat pemerintahan di Kabupaten Sumba Barat karena faktor suka tidak suka, setuju tidak setuju atau pengaruh–mempengaruhi.

“Hari ini kita melantik Pejabat Eselon III yakni Camat Loli. Jabatan yang diemban saudara hari ini merupakan kepercayaan Pimpinan Daerah. Kepercayaan itu terletak pada sejauhmana saudara mampu melaksanakan tugas pokok dan fungsi organisasi melalui peningkatan kinerja organisasi, maka merupakan kewajiban bagi para pejabat terlantik untuk menjaga kepercayaan tersebut”, ungkap Bupati.

Bupati menjelaskan, pengisian jabatan yang dilakukan ini untuk memastikan tugas-tugas pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan publik di Kecamatan Loli dapat terlaksana dan berjalan dengan baik.

Baca Juga :   Program Kerja Swasembada Pangan Bupati-Wabub Malaka Direalisasikan

Bupati mengingatkan Camat yang baru dilantik agar inovatif dan selalu berada di tempat untuk bekerja sama dengan seluruh perangkat kecamatan dan memfungsikan mereka.

“Kepada camat yang baru dilantik ini diperhadapkan dengan tantangan kondisi wilayah Kecamatan Loli. Saudara harus punya banyak inovasi. Jangan saudara berjalan sendiri sementara perangkat yang lain tidak bekerja atau tidak ada aktifitas apa-apa,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu juga, Bupati Yohanis pada kesempatan itu juga mengucapkan rasa terimakasihnya kepada mantan Camat Loli.

“Kepada Saudara Samuel Lango Manupele S.Sos dan keluarga, saya ucapkan terima kasih atas segala dedikasi yang telah diberikan kepada Negara, Bangsa dan Daerah, baik selama menjadi abdi negara maupun pada saat menjabat sebagai Camat Loli. Saya berharap agar Saudara tetap berkarya di dalam menjalani kehidupan sehari–hari di masyarakat dan dilingkungan kerja anda,” ungkap Bupati Sumba Barat.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Sumba Barat John Lado Bora Kabba, S.Pd, DANDIM 1613 Letkol Czi. Rahadian Firnandi S.Hub. Int, mewakili Kapolres Sumba Barat Kasat Samapta AKP Ngakan Ketut Darmawan, Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Sumba Barat, Staf Ahli Bupati Sumba Barat, para Asisten Sekretaris Daerah Kabupaten Sumba Barat, para Pimpinan OPD, perangkat Kecamatan, para Kepala Desa se-Kecamatan Loli, tokoh masyarakat serta tamu undangan lainnya. *** (Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sumba Barat).-