Bupati SBD Lantik 8 Pejabat Tinggi Pratama Eselon II-B

Suarajarmas.com – Bupati Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD), dr. Kornelius Kodi Mete melantik dan mengambil sumpah jabatan 8 pimpinan tinggi Pratama Eselon II-B yang berlangsung di aula kantor Bupati SBD Desa Kadipada Kecamatan Kota Tambolaka Kabupaten SBD Provinsi Nusa Tenggara Timur, Selasa (17/10/2023).

Hadir dalam acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan pimpinan tinggi Pratama Eselon II-B yakni Wakil Bupati SBD, Marten Crhistian Taka, S.Ip; Sekda SBD, Fransiskus M Adilalo, S.Sos; Wakil Ketua I DPRD SBD, Syamsi P Golo, ST; Asisten Kesejahteraan Rakyat, Christopher Horo, SH; Asisten Perekonomian dan Pembangunan Drs. Dominggus Bulla, M.Si; Asisten Administrasi Umum sekaligus Plt. Kepala BKPSDM, Drs. Lukas Ngongo Gadis.

Turut hadir Ketu TP-PKK SBD, Ny. Suryaningsih T Mete, para pimpinan OPD lingkup pemerintah Kabupaten SBD, rohaniawan pendamping dari Agama Katolik dan Kristen Protestan, para saksi, dan para tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Bupati SBD, dr. Kornelius menyampaikan terima kasih dan apresiasi ketua dan anggota tim panitia seleksi pejabat pimpinan tinggi Pratama yang telah bekerja dengan baik dalam mempersiapkan dan melaksanakan pengisian jabatan tinggi Pratama untuk 8 opd, semua proses tahap demi tahap telah dilakukan sesuai mekanisme dan peraturan kepegawaian yang berlaku sehingga pada hari ini kita semua dapat menyaksikan pelantikan pejabat tinggi Pratama.

Oleh karena itu, hendaknya pejabat terlantik harus mampu melakukan pembenahan dan membawa perubahan terhadap organisasi perangkat daerah yang dipimpin dalam upaya meningkatkan kinerja penyelenggaraan tugas dan pelayanan publik agar tetap berjalan terutama dalam percepatan capaian program-program prioritas pembangunan daerah.

Dirinya juga mengingatkan kepada pejabat terlantik bahwa jabatan adalah sebuah kepercayaan dan amanah yang diberikan kepada saudara-saudara, hendaknya dijaga dengan kejujuran, loyalitas, dedikasi, serta prestasi dalam bekerja. Untuk itu dibutuhkan suatu keseriusan, tanggung jawab moral, dan komitmen dalam bekerjasama untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Kabupaten SBD.

Baca Juga :   PEMBEBASAN DIRI DARI BELENGGU HAWA NAFSU

“Saudara juga dituntut harus mampu bekerja keras, bekerja cerdas, berinovasi, dan bersinergi dengan masyarakat untuk melakukan percepatan pembangunan melalui program 7 jembatan emas demi terwujudnya masyarakat SBD yang maju, berkualitas, berdaya saing, demokratis dan sejahter”, ungkapnya.

Lebih lanjut Bupati SBD menyampaikan sejalan dengan visi misi Nasional Indonesia emas 2045 mewujudkan birokrasi berkelas dunia, transformasi dalam sistem birokrasi harus dilaksanakan. Tiga agenda transformasi birokrasi yakni

“Transformasi organisasi mengubah organisasi menjadi lebih memiliki spesialisasi dan karakteristik; Transformasi sistem kerja menjadi lebih fleksibel dan kolaboratif; dan Transformasi manajemen sumber daya manusia menuju human capital tangguh”.
Untuk menghadapi transformasi-transformasi tersebut Bupati SBD meminta pejabat terlantik untuk memiliki sikap yaitu “Adaptif, segera berubah, beradaptasi, dan menyiapkan diri dengan pola-pola yang ada; Meningkatkan kompetensi atau kemampuan; Fokus, institusi harus dikelola secara fokus”, ujarnya.

Atas nama pribadi dan pemerintah Kabupaten SBD dirinya mengucapkan selamat kepada seluruh pejabat pimpinan tinggi Pratama yang baru saja dilantik, semoga saudara-saudara sekalian mampu mengemban amanah, dapat melaksanakan amanah sebagai pelayan dan abdi masyarakat, serta senantiasa berpegang teguh pada aturan kepegawaian maupun hukum yang berlaku dan tentunya mampu memegang prinsip serta mengaktualisasikan diri sebagai ASN yang disiplin, berdedikasi tinggi dan berprestasi, mampu melaksanakan tugas pelayanan publik, tugas pemerintahan serta tugas pembangunan secara optimal.

“Saya mengajak kepada seluruh jajaran pimpinan Pemerintah Kabupaten SBD, mari secara bersama-sama kita tingkatkan prestasi dan kinerja kita agar sasaran pembangunan daerah dapat tercapai dengan baik”, tuturnya.