BUPATI NIGA TEGASKAN KADES PAHAM TATA KELOLA KEUANGAN DESA

Bondo Tera-SJ………Untuk mengisi kekosongan jabatan Kepala Desa Bondo Tera, Kecamatan Tana Righu, Kabupaten Sumba Barat, yang telah habis masa jabatanya, melalui SK Bupati Sumba Barat Nomor Kep/AK/633/2018. Bupati Sumba Barat Drs. Agustinus Niga Dapawole melantik Yeremias Umbu Pingge, Staf Kecamatan Tana Righu sebagai Penjabat Pelaksana Tugas (PLT) Kades Bondo Tera untuk melanjutkan roda pemerintahan desa, serta melanjutkan program-program pembangunan desa dan program-program pemberdayaan masyarakat Desa Bondo Tera sesuai skala prioritas.

Bupati Sumba Barat, Drs. Agustinus Niga Dapawole saat memberikan arahan pelantikan penjabat kades Bondo Tera di Tana Righu

Kegiatan pelantikan tersebut dilaksanakan di Aula Desa Bondo Tera, Senin (23/07/2018). Dihadiri oleh Bupati Sumba Barat, Setda Bupati, Seluruh jajaran OKP Sumba Barat, Camat Tana Righu, BPD Desa Bondo Tera, para Kapala desa dan para tamu undangan lainnya.

Dalam Sambutanya Bupati Sumba Barat Drs.Agustinus Niga Dapa Ole menyampaikan proficiat kepada kepala desa yang baru dilantik sekaligus berpesan agar dapat melanjutkan serta meningkatkan prestasi dan keberhasilan kepala desa sebelumnya.

“Saya ucapkan proficiat kepada kepala desa yang baru dan harapan saya agar dapat melanjutkan serta akan terus meningkatkan prestasi dan keberhasilan yang telah dicapai oleh kepala desa sebelumnya. Sudah sepantasnya bagi kepala desa untuk tidak menyalahgunakan tugas dan wewenang untuk nantinya dapat dipertanggung jawabkan dengan baik kepada masyarakat, pemerintah, dan yang terlebih lagi kepada Tuhan Yang Maha Esa”, ungkapnya.

Pengambilan Sumpah Penjabat Kades terlantik Yeremias Umbu Pingge

Lebih lanjut Bupati Niga menegaskan bahwa kepala desa yang baru agar memahami dan menguasai tugas serta tidak membeda-bedakan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Terlebih ia menegaskan agar mampu bekerja sama dengan semua komponen perangkat desa serta masyarakat agar tercipta sinergitas dalam pembangunan desa.

Baca Juga :   PERINGATI HUT KE-76, TNI AU GELAR VAKSINASI COVID-19 DI TAMBOLAKA

“Yang pertama saya tegaskan bagi kepala desa yang baru dilantik ini agar memahami dan menguasai betul perangkat tugas sebagai kepala desa untuk melaksanakan tugas dengan wujud karya nyata, selain itu kepala desa tidak boleh membeda-bedakan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat serta harus mampu membangun komunikasi dan kerjasama dengan semua pihak baik komponen perangkat desa maupun masyarakat agar tercipta sinergitas dalam membangun Desa Bondo Tera ini”, tegasnya.

Terakhir ia berpesan agar kepala desa yang baru bisa menjadi panutan baik dalam perkataan maupun pembuatan serta harus menyiapkan mental yang baik untuk menghadapi masyarakat yang beraneka ragam. lebih lanjut ia menambahkan agar paham benar tentang tata kelola keuangan serta mekanismenya.

Berfoto bersama usai acara pelantikan

“Saya berpesan agar kepala desa harus menjadi panutan dalam perkataan maupun perbuatanya jangan sampai didepan lain dibelakang lain. Sebagai ASN di kecamatan mohon diaplikasikan di tingkat desa dan siapkan mental karena jabatan di kepala desa sangat berbeda dengan di kecamatan terutama dalam menyikapi warga secara langsung yang beraneka ragam. Terakhir saya juga berpesan agar paham benar tata kelola keuangan dana desa serta mekanismenya mulai dari pencairan, penggunaan sampai pertanggung jawaban wajib dilaporkan”, tutupnya.

Terpisah Penjabat PLT Kepala Desa Bondo Tera Yeremias Umbu Pingge, mengungkapkan bahwa dirinya akan membawa tanggung jawab ini dengan penuh amanah.

“Saya akan pegang dan menjalankan tanggung jawab ini dengan penuh amanah, menjalankan semua program-program pembangunan yang sudah terencana oleh Kepala Desa Bondo Tera sebelumnya dengan akuntabel dan transparan, dan yang terpenting tugas pokok saya adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan maksimal serta mampu mensukseskan Pilkades pada Tahun 2019 nanti,” tandasnya.(JNL),-