Bupati Nelis Tanam Perdana Bersama Poktan Desa Tana Mete

Kodi-SJ ……………. Dalam upaya mewujudkan program Desa Berkecukupan Pangan program 7 Jembatan Emas Bupati dan Wakil Bupati Sumba Barat Daya (SBD) periode 2019-2024, Bupati dr. Kornelius Kodi Mete melakukan penanaman perdana bersama kelompok tani Tana Manda Desa Tana Mete Kecamatan Kodi Balaghar Sabtu (07/12/19).

Kegiatan yang dilaksanakan tersebut antara lain pencanangan SBD sebagai kabupaten jagung dengan penanaman jagung varietas Bisma pada lahan seluas 300 ha untuk mewujudkan jembatan emas desa berkecukupan pangan. Selain itu juga pengembangan padi varietas pare wangi kodi untuk mewujudkan desa berkecukupan pangan dan gerakan tanam kelor untuk mewujudkan jembatan emas desa sehat dan pintar.

Dalam sambutannya Bupati Nelis mengatakan tujuan kegiatan pencanangan itu untuk meningkatkan produksi pangan demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat SBD.

“Tidak boleh ada warga SBD yang kekurangan pangan, jika produksi meningkat maka ada kelebihannya untuk menyekolahkan anak-anak ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi” ujarnya.

Lebih lanjut Bupati Nelis menjelaskan untuk dapat meningkatkan produksi atau mencapai produksi yang optimal  maka benih tanaman yang ditanam harus dipelihara. Membersih gulma dan memberi pemupukan dengan baik. Kelor adalah tanaman yang sangat bergizi. Wajib tanam untuk jadi sayur dan minuman.

“Gubernur NTT dan saya sendiri adalah manusia kelor. Kami telah membuktikan manfaatnya. Jadi tidak perlu ragu lagi” pintanya.

Setelah melakukan penanaman secara simbolis, Bupati dan rombongan menghadiri pemekaran kelompok Tani Kede Kehe dan pembagian ternak sapi yang dipelihara oleh kelompok tani Kede Kehe di kampung Kawalu, masih dalam desa Tana Mete.

Kelompok Tani (Poktan)  Kede Kehe mekar menjadi 4 Poktan. Sapi bantuan provinsi  NTT yang dipelihara selama 8 tahun oleh kelompok tersebut sudah berjumlah 43 ekor dan dibagi untuk 4 kel secara proporsional.

Baca Juga :   SEORANG PELAJAR DITEMUKAN GANTUNG DIRI DI KAMARNYA SENDIRI

Poktan Kede Kehe mempunyai catatan-catatan prestasi. Di tahun 2015 menjadi juara 2 se-Sumba dan di  tahun 2017 juara 1 se NTT.*****