Bupati Malaka Gandeng Panasehat KKP Bangun Kabupaten Malaka

Malaka-SJ……….. Bupati Malaka Dr.Simon Nahak,SH.,MH telah melakukan rintisan kolaborasi dengan kementerian kelautan dan perikanan demi kesejahteraan masyarakat di wilayah Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Sakti Wahyu Trenggono mengutus Penasihat KKP Prof,Dr.Ir,Rokhmin Dahuri,MSC bersama tim ke wilayah kabupaten Malaka untuk memantau langsung potensi dan permasalahan kelautan dan perikanan di wilayah Kabupaten Malaka yang berbatasan langsung dengan Negara Timor Leste.

“Saya diutus Menteri untuk melihat potensi dan permasalahan pembangunan pembangunan perikanan” ungkap Prof,Dr.Ir,Rokhmin Dahuri,MSC saat di wawancarai Selasa (9/11/21).

Profesor Rokhmin menyebutkan, di Kabupaten Malaka terdapat lima sektor yang akan dikembangkan untuk menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang tinggi demi kesejahteraan masyarakat Malaka.

Kelima sektor diantaranya adalah, sektor Tangkap Ikan, Sektor Budidaya Ikan, Sektor Pengolahan Ikan dan Sea Food, Sektor Industri Garam dari hulu ke hilir dan Sektor Pariwisata Bahari.

Rokhmin menyampaikan, kelima sektor yang akan dikembangkan tentunya menjadikan Malaka yang unggul dan memiliki daya saing yang berkelanjutan.

“Kita akan membangun pelabuhan tipe D yaitu Tempat Pendaratan dan Pelayanan Ikan (TPPI) dan jika volume produksinya meningkat maka kita akan mengusulkan untuk membangun Pelabuhan Perikanan Pantai (P3) dan jika masyarakat rajin dan produktif maka semua tahapan pembangunan berkelanjutan akan cepat di realisasikan ” ungkapnya.

Selain itu Penasehat KKP menyebutkan, Sakti Wahyu Trenggono selaku menteri Kelautan dan Perikanan sangat serius dan memiliki argumentasi kusus untuk membantu Kabupaten Malaka melalui sektor Kelautan dan perikanan. Sebab Malaka berada persis di wilayah yang perbatasan langsung dengan Negara Timor Leste.

Sementara Buapti Malaka, Dr.Simon Nahak,SH.,MH menyampaikan, mengapresiasi kehadiran penasehat KKP bersama tim yang sudah hadir di wilayah Kabupaten Malaka.

Ia berharap, agar Prof,Dr.Ir,Rokhmin Dahuri,MSC selaku penasehat KKP bersama tim dapat membantu mengembangkan potensi-potensi  di wilayah Kabupaten Malaka demi kesejahteraan masyarakat Malaka.

Baca Juga :   Kapolda NTT Sambut Kunjungan Silaturahmi Ketua MUI NTT

“Kemarin saya sudah mengajak Prof,Dr.Ir,Rokhmin Dahuri,MSC dan tim ke beberap titik yakno, IDK, (tambak garam) Abudenok, Kaletek dan” ujar Bupati Malaka.

Lanjut Buapti SN, semoga dengan kehadiran Penasehat KKP dapat membantu pertemuan perekonomian masyarakat Kabupaten Malaka.

Untuk diktehaui, Prof,Dr.Ir,Rokhmi Dahuri,MSC adalah Menteri Kelautan dan Perikanan di zaman kepemimpinan Alm. Presiden K. H. Abdurrahman Wahid.  *** (Viki Bria/017-21),-