Bupati Dapawole Pantau Posko Timur Satgas Covid-19 Kabupaten Sumba Barat

Bupati Sumba Barat, Drs. Agustinus Niga Dapawole (tengah) saat memantau posko timur satgas covid-19

Waikabubak-SJ……..  Bupati Sumba Barat Drs. Agustinus Niga Dapawole melakukan pemantauan  terhadap Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumba Barat bertempat di POSKO TIMUR yang berada di Desa Sobarade,  Jumat, (03/04).

Pada kesempatan itu Bupati Dapawole mengucap terima kasih kepada Tim Gugus Tugas Kabupaten Sumba Barat yang solid dan pro aktif dalam menangani Percepatan Penanganan Covid-19 di Kabupaten Sumba Barat.

“Terima kasih juga kepada semua relawan yang telah berpartisipasi membantu pemerintah baik berupa sumbangan tenaga, materi, pikiran serta ide-ide dalam upaya pencegahan penularan Covid-19 di Kabupaten Sumba Barat. Bersama-sama kita bisa” ucap Dapawole.

Bupati Dapawole kemudian memantau Tim Gugus Tugas Covid-19 yang sedang melakukan pendataan, dan para medis yang sedang memeriksa penumpang kapal Egon dari pelabuhan Waingapu yang masuk ke wilayah Kabupaten Sumba Barat.

Pemantauan penertiban ini, dilakukan sebagai upaya antisipasi dini penyebaran COVID-19. Melalui kegiatan ini, diharapkan penumpang Kapal Egon yang akan memasuki wilayah Sumba Barat, dapat terdata dan terpantau seluruhnya, dan penumpang yang didapati memiliki suhu tubuh lebih dari sama dengan 38°C, dan atau memiliki keluhan batuk pilek, nyeri menelan, sesak nafas, langsung di screaning oleh Petugas Kesehatan dari Puskesmas Puuweri, yang terdiri dari Kepala Puskesmas, 1 dokter dan 4 perawat.

Kepada Bupati Dapawole, Tim Gugus Tugas Covid-19 melaporkan jumlah penumpang yang terpantau seluruhnya berjumlah 98 orang, dimana 69 orang adalah warga Sumba Barat Daya dan 29 Orang warga Sumba Barat. Seluruh data penumpang yang berdomisili di Sumba Barat, secara lengkap by name by address by phone, akan diserahkan kepada masing masing desa dan puskesmas untuk dipantau.

Baca Juga :   D’Dama Sambangi Ponpes Baitul Hikmah Waikabubak

Bupati Dapawole kemudian menegaskan kepada para penumpang yang baru tiba dan tidak mengalami gejala terkena Covid-19 agar setelah ini mengisolasikan diri di rumah masing-masing selama 14 hari.

“Diharapkan supaya tidak keluar rumah karena anggota TNI-POLRI akan memantau keberadaan saudara”, ujar Dapawole.

Sementara Camat Kota Waikabubak, Yopi Malingara, S.STP, berharap POSKO TIMUR sebagai jalur pintu masuk dari arah timur dapat selalu difungsikan sebagai Posko siaga pemantauan terutama bagi para penumpang kapal laut maupun pesawat yang datang ke Sumba Barat dari arah timur.

Selain Tim Kesehatan Puskesmas Puuweri, personil Gugus yang hadir dalam kegiatan pemantauan tersebut yaitu Bupati Sumba Barat, Kepala DLH, Kepala DPMD, Kepala Dinas Transnaker, Kasat Binmas beserta Tim Satgas Amanusa II Polres Sumba Barat, Camat Kota Waikabubak, Kabag Humas Protokol, Sekretaris DKIPS, Babinsa dan Babinkantibmas Desa Sobarade, Para Kepala Bidang Dinas Kesehatan serta Tim Dinas Perhubungan.*****

Liputan Yunia Boling,-

Leave a Reply

Your email address will not be published.