BUKA SELEKSI JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA SEKRETARIS DAERAH, BUPATI SUMBA BARAT TEKANKAN INTEGRITAS DAN PROFESIONALITAS

Waikabubak-SJ…… Bupati Sumba Barat Yohanis Dade,SH  didampingi Wakil Bupati Sumba Barat John Lado Bora Kabba,S.Pd dan membuka secara resmi tahapan Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sumba Barat, Senin (11/04/2022) di Aula Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia.

Membuka kegiatan seleksi terbuka tersebut, Bupati Yohanis Dade menekankan kepada para peserta seleksi untuk menunjukkan sikap integritas serta profesionalitas yang tinggi sebagai bagian integrasi dari komitmen reformasi birokrasi serta menjawab tuntutan masyarakat tentang profesionalisme Aparatur Sipil Negara.

“Tunjukkan kualitas, kemampuan, prestasi dan kompetensi terbaik yang saudara-saudara miliki selama mengikuti seleksi tersebut. Selanjutnya saya ingatkan bahwa jabatan Sekretaris Daerah yang akan diisi nantinya merupakan amanah Pimpinan yang akan diberikan kepada ASN terpilih yang dianggap mampu mengemban tugas serta mampu menunjukan kinerja, loyalitas serta etos kerja yang optimal dalam melaksanakan tugas sehari-hari, terutama mengabdikan diri kepada masyarakat”, ungkap Bupati Yohanis saat memberi sambutan.

Menurutnya, job bidding atau seleksi terbuka bertujuan untuk pengembangan karier, kompetensi serta promosi bagi Aparatur Sipil Negara, secara kompetitif dan terbuka bagi calon pejabat pimpinan tinggi pratama yang dilakukan secara transparan, objektif dan akuntabel oleh Panitia Seleksi Independen.

Dalam seleksi terbuka yang diikuti 3 peserta ini, Bupati Sumba Barat menyampaikan bagi Sekretaris Daerah yang terpilih diharapkan akan menjadi motor penggerak dalam mewujudkan Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati Sumba Barat, bukan hanya sekedar berjalan ditempat melainkan Sekretaris Daerah harus bersinergi dengan Bupati dan Wakil Bupati dalam mengejar ketertinggalan yang ada dengan bersama-sama melakukan gebrakan-gebrakan yang signifikan melalui inovasi dan kreatifitas guna percepatan pembangunan di Kabupaten Sumba Barat.

Baca Juga :   Bupati Sumba Barat Pantau Tes CPNS 2020

Sekretaris Daerah juga harus mampu menjalin komunikasi yang aktif bersama Bupati dan Wakil Bupati, DPRD serta Perangkat Daerah/Unit Kerja. Selain itu juga Sekretaris Daerah harus mampu menerjemahkan arah kebijakan Pimpinan Daerah dengan baik untuk dapat dilaksanakan oleh para pejabat eselon dibawahnya dan staf PNS sebagai ujung tombak pelayanan prima pada masyarakat. Selain komunikatif, Sekretaris Daerah yang baru nantinya harus responsif dalam menyerap semua masukan dan memilahnya dengan baik untuk kemajuan Kabupaten Sumba Barat.

Disamping itu Bupati Yohanis juga, memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih serta penghargaan yang tulus Kepada Para Ketua dan Anggota Panitia Seleksi serta Assesor BKPSDM Provinsi Bali karena telah bersedia bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Sumba Barat, untuk memfasilitasi pelaksanaan Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumba Barat yang telah berkenaan meluangkan waktu dan pikiran untuk memberikan penguatan terhadap manajemen ASN di Kabupaten Sumba Barat melalui seleksi terbuka.

“Kepada peserta, selamat mengikuti seleksi ini dengan baik dan berintegritas, saya yakin saudara semua mempunyai komitmen untuk mewujudkan Sumba Barat yang Maju, Berdaya Saing dan Berkeadilan” pungkasnya.

Turut hadir dalam dalam pembukaan Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Sekretaris Daerah, Staf Ahli Bupati Sumba Barat,  Asisten Sekda, Kepala BKPSDM, para Kepala Perangkat Daerah/Unit Kerja, dan Tim Assesor. *** (Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Sumba Barat),-