Budaya Sumba Meriahkan ‘Firts Birthday’ Kawona Beach Club

Tambolaka-SJ ……….  Keindahan pesona budaya dan alam Sumba mempunyai daya tarik dalam bidang pariwisata yang mampu menggoda para wisatawan local maupun manca negara untuk mengunjungi  Pulau  Marapu, Sumba. Oleh karena itu perlu adanya upaya promosi untuk memperkenalkan keindahan alam dan adat budaya Sumba melalui berbagai media.

Dalam upaya untuk mempromosikan potens-potensi wisata yang ada di Sumba, perayaan ulang tahun perdana (First Birthday) Kawona Beach Club dimeriahkan dengan prosesi budaya yang melibatkan keluarga dan handai taulan Kawona Beach Club.

Kawona Beach Club dikenal sebagai salah satu tempat  wisata SBD dengan keindahan dan panorama wisata alamnya. Perayaan ulang tahun perdananya diwarnai dengan menggelar prosesi  Budaya Sumba yaitu  mengundang Loloka (undangan khusus dalam adat Sumba) untuk menyemarakan perayaan ulang tahun perdana Kawona Beach Club, Selasa (20/9/2022) di Kawona Beach Club Jl. Pantai Kawona  Sunrise, Kota Tambolaka Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD).

Selain first birtdhay Kawona Beach Club juga sebagai ungkapan syukur Baptisan Kudus Kedrik Samuel Sunrise Bora dan ulang tahun ke-14 Mercy Jeselyn Lidia Giventa Bora, putra putri dari pasangan Yus Bora, ST., M. Si dan Ariance Ringu Langu, S. Si., M. Pd., pemilik Kawona Beach Club.

Kepada awak media kakak kandung dari pemilik Kawona Beach Club, drh. Hery Bora mengatakan acara keluarga yang dikemas dalam budaya Sumba ini merupakan ungkapan syukur dari keluarga Yus Bora dan Ariance Ringu Langu.

“Momentun ulang tahun yang pertama Kawona Beach Club ini bertepatan dengan baptisan kudus dan ulang tahun  ke-14 putra putri mereka. Kawona Beach Club ini merupakan salah satu obyek wisata di SBD, sehingga perayaan ulang tahunnya dikemas dalam budaya sebagai salah satu upaya promosi wisata” ungkapnya.

Baca Juga :   DUTA-DUTA WISATA SBD 2021 TERPILIH

Hery Bora menjelaskan prosesi budaya dalam keluarga yang dibuat saat ini juga merupakan salah satu upaya untuk mendukung program 7 jembatan emas, yaitu desa wisata.

“Jadi saya kira tidaklah berlebihan apabila ungkapan syukur keluarga yang dirangkai dalam budaya Sumba   merupakan upaya mendukung promosi pariwisata di SBD” tutur Hery.

Dirinya juga menambahkan harapan keluarga agar adanya dukungan pemerintah pada Kawona Beach Club sebagai salah satu obyek wisata di SBD, sehingga  program pemerintah untuk meningkatkan pariwisata dapat terealisasi secepatnya.

“Upaya peningkatan wisata di SBD tidak saja menampilkan keindahan alam obyek wisatanya, tetapi budaya yang ada juga kita eksplore, walaupun acara keluarga tetapi dengan kemasan budaya ini kita tunjukan bukan  hanya tempatnya yang indah tetapi adat istiadat merupakan bagian dari obyek wisata tersebut” jelasnya.

Untuk diketahui Perayaan  Firts Birthday Kawona Beach Club dihadiri oleh keluarga dan handai taulan dari berbagai kecamatan dan kabupaten yang puncak perayaannya pada Jumat (23/9/2022) mendatang. Para tamu undangan dapat menikmati indahnya pantai Kawona sekaligus atraksi tarian Woleka, pantun adat hingga ke pembicaraan di tikar adat  antara tuan rumah dan undangan Loloka Kawona Beach Club. *** (Octa/002-22). –