ANAK DARI DESA HARUS PULANG MENGOPTIMALKAN POTENSI DESA

Lewa-SJ………….Ikatan Keluarga Pelajar Mahasiswa Lewa (IKPML) Waingapu yang merupakan wadah bagi Pelajar dan Mahasiswa yang berasal dari Lewa melaksanakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) di Desa Matawai Amahu kecamatan Katala Hamulingu sebagai realisasi program organinasi dan ini adalah kegiatan kesekian yang dilakukan organisasi yang berumur kurang lebih 5 (lima) tahun ini.

Acara pembukaan kegiatan PPM IKPML yang dilaksanakan di Aula kantor Desa Matawai Amahu tangga 7 Agustus 2018 ini di hadiri oleh Kepala Dinas Nakertrans Sumba Timur dan Kepala Desa Matawai Amahu juga turut hadir ikatan pemuda pelajar mahasiswa asal Lewa (IPPMASAL) Kupang, Mapala Sabana UNKRISWINA.

Kegiatan yang berlangsung tanggal 7-9 agustus 2018 dengan tema “menerapkan gaya hidup sehat dan revisitasi pertanian berbasis kearivan lokal” mendapat sambutan yang sangat baik dari Marten Umbu Maramba Natar selaku kepala desa, Selain sambutan hangat dari kepala desa yang berharap kegiatan PPM ini bisa menggerakan beberapa potensi yang ada dan bisa mensupport semangat dari masyarakat, kegiatan PPM yang dilakukan oleh IKPML Waingapu ini juga diapresiasi oleh Umbu Hapu Mbeju, Selaku Kepala Dinas Transnaker Sumba Timur yang merasa bahwa sesungguhnya mahasiswa juga harus memikirkan orang lain ditengah kesibukan dan rutinitas sebagai mahasiswa.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan yang luar biasa ini karena bisa menggali potensi yang ada didesa untuk kemudian dikembangkan dan semangat untuk melakukan kegiatan PPM ini membuat kami bangga karena ditengah kesibukan sebagai mahasiswa dan tidak memiliki penghasilan akan tetapi sudah memikirkan orang lain apalagi harus turun kedesa seperti ini” tutur Umbu dalam sambutannya mewakili Pemerintah Sumba Timur.

Sedangkan Opang Maramba Njara selaku ketua IKPML Waingapu dalam sambutannya menyampaikan tujuan dari kegiatan ini untuk berbagi bersama masyarakat untuk mengoptimalkan potensi desa.

Baca Juga :   Desa Wee Wella Berhasil Tanggulangi Hama Belalang

“Desa Matawai Amahu sangat kaya dengan potensi baik dipertanian, perikanan, peternakan dan parawisata.  Sehingga potensi yang sangat bagus ini dapat diupayakan untuk menjadi pendapatan asli desa serta peningkatan pendapatan ekonomi masyarakat” katanya. (STM),-