Adilalo Resmikan Kegiatan Launching Ina Kabola

Tambolaka-SJ…………….. Asisten Pemerintahan (Aspem) Fransiskus M. Adilalo mewakili Bupati Sumba Barat Daya (SBD) meresmikan Kegiatan Launching Internet Aman Kreatif Berbobot dan Berhasil Guna (Ina Kabola) yang ditandai dengan pemukulan gong dan berlansung di Ruang Aula SMA St. Alfonsus Weetebula Kecamatan Kota Tambolaka Kabupaten SBD Propinsi Nusa Tenggara Timur, Sabtu (14/12/2019).

Launcing Ina Kabola untuk mendukung program unggulan Bupati SBD melalui tujuh jembatan emas yaitu Desa Berkecukupan Pangan, Desa Berkecukupan Air, Desa Bercahaya, Desa Pintar, Desa Aman, Desa Sehat dan Desa Pariwisata.

Dalam sambutannya Aspem sapaan akrab Adilalo mengatakan, berbicara masalah internet bukanlah suatu hal yang langka. Hampir semua orang mengenal, menggunakan dan menikmati yang namanya internet dan sebagian orang sudah bergantung dengan internet. Bila dilihat pengguna internet saat ini dapat diibaratkan 8 dari 10 orang merupakan pengguna internet. Karena internet sangat penting, setiap orang mau jalan kemana saja tidak pernah meninggalkan HP.

“Mau ke kamar mandi juga hp tetap dibawah dan kemana saja hp tetap di bawah untuk di gunakan sebagai sarana komunikasi, selain itu digunakan untuk mencari informasi penting dan hiburan melalui internet melalui sisi positifnya. Tapi internet juga ada sisi negatifnya, perlu diketahui internet bisa menjerumuskan kita pada hal-hal yang tidak baik dan bisa menghancurkan hubungan baik setiap orang, baik dikalangan masyarakat maupun di kalangan pemerintahan antar penjabat ASN”, ujarnya.

Fransiskus M. Adilalo saat memukul gong disaksikan wakil ketua DPRD dan beberapa anggota DPRD, Kepala BPS, Kepsek SMA Alfonsus dan Kabid TIK Diskominfo SBD

Internet adalah singkatan dari inter connection network yang merupakan jaringan yang bersifat global dan sudah mendunia. Saat ini orang-orang menggunakan internet untuk berbagai macam keperluan dalam mendukung aktivitas sehari-hari. Internet merupakan suatu teknologi yang mendukung setiap orang untuk mencapai tujuannya baik secara positif maupun negatif.

Baca Juga :   Forum Komunikasi Pariwisata SBD Dibentuk

“Namun ada hal yang harus diperhatikan dan norma-norma dalam penggunaan internet sehingga dapat berdampak positif. Secara umum manfaat internet sangat banyak dirasakan apabila seseorang terhubung dengan jaringan internet untuk dapat memperoleh informasi untuk kepentingan dunia pekerjaan dan profesional. Dan juga informasi untuk kebutuhan pribadi misalnya kesehatan, rekreasi, hobi, pengembangan kepribadian, keagamaan dan sosial,” ujarnya lebih lanjut.

Lebih jauh Adilalo mengatakan, menurut Kemkominfo jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 82 juta orang dan berada pada peringkat ke 8 Dunia. Ini adalah jumlah yang sangat besar, 80% pengguna adalah remaja berusia 15-19 tahun dan hal ini termasuk remaja yang berada ditingkat SMA. Untuk pengguna facebook, Indonesia berada pada peringkat 4 Dunia. Statistik jumlah pemakai internet di Indonesia menunjukan angka pertumbuhan yang sangat mencengangkan karena dipengaruhi juga oleh jumlah penduduk Indonesia yang tersebar ke 4 di Dunia. Gambaran data statistik menunjukan khusus Bapak/Ibu dikalangan para guru secara umum bahwa hanya sedikit guru yang menggunakan internet.

Survey yang dirilis Pustekkom menunjukan bahwa sebagian besar guru bahkan yang ada di kota besar belum mengenal internet. Sebaliknya, siswa/siswi justru sudah familiar dengan internet. Lihat warnet di sekeliling kita, sebagian besar pengunjungnya adalah anak sekolah. Fenomena ini mencemaskan, bagaimanapun internet itu seperti bak pisau bermata dua. Ada sisi positif dan negatifnya.

“Jika anak dibiarkan mengeksplorasi sendiri, atau belajar dari teman seseba tanpa arahan guru dan orang tua, mereka bisa terjerumus pada pengguna internet secara negatif. Maraknya Cyber Bullyng (membuli media online), konten pornografi yang melibatkan siswa, kasus penghinaan, penipuan, perjudian, kekerasan, serangan virus yang mencuri atan merusak data pribadi, serangan E-mail sampah, pelanggaran privasi, pelecehan seksual sampai pencemaran nama baik seperti yang terjadi di kalangan pemerintahan Kabupaten SBD bahkan dipusatpun juga terjadi melalui akun-akun palsu yang tidak bertanggung jawab” ungkapnya kesal.

Baca Juga :   Objek Wisata Air Terjun Lapopu Dibuka Kembali

Di sisi lain, jika berinternet dengan benar dan sehat bisa memberi manfaat yang besar. Internet menyediakan lautan informasi dalam bentuk buku, jurnal, artikel dan lain sebagainya dalam bentuk lisan atau karya, maupun vidio, yang koleksinya melebihi perpustakaan konvensional manapun melalui internet. Semua transaksi bisa dilakukan secara cepat, mudah dan sekaligus murah.

“Oleh sebab itu menjauhkan anak dari internet karena takut terjebak mengakses hal negatif adalah langkah yang kurang bijaksana, itu sama saja menutup rapat-rapat kesempatan anak mendapatkan nilai positif dari internet dan manfaat internet dalam dunia pendidikan. Seperti yang kita ketahui bahwa internet digunakan sebagai alat untuk mencari Informasi, berkomunikasi dan untuk jejaring sosial tetapi bukan berarti tidak memiliki manfaat di dalam dunia pendidikan” tuturnya.

Pada kesempatan yang berbahagia ini kita bersama-sama menyaksikan launching Ina Kabola sekaligus mengaplikasikan secara terintegrasi dengan beberapa instansi yaitu dari BPS, Bappenda, Dinas Satu Atap dan Perijinan serta dari Bank NTT cabang SBD demi pelayanan yang cepat, murah dan mudah kepada masyarakat serta memberikan kontribusi bagi dunia pendidikan.

“Saya mengapresiasi kepada ibu Esther Dada Gole selaku Kabid TIK pada Diskominfo Kabupaten SBD yang telah melakukan tahapan proyek perubahan kaitannya dengan kegiatan Pim III . Kegiatan hari ini tentu adalah cakupan dari 100 hari kerja Bupati dan Wakil Bupati SBD” tutupnya.

Liputan: Isto,-

Leave a Reply

Your email address will not be published.