16 Peserta BLKK Cahaya Kasih Selesaikan 18 Unit Kompetensi Pelatihan dari Kayu

Suarajarmas.com – Sebanyak 16 orang peserta Pelatihan Berbasis Kompetensi Pembuatan Kabinet Dari Kayu menyelesaikan 18 materi unit kompetensi saat mengikuti pelatihan di BLKK Cahaya Kasih dari tanggal 19 April sampai dengan 23 Mei 2023.

Demikian disampaikan oleh Kepala BLKK Cahaya Kasih, Paulus H.A. Oemburey pada media ini, Rabu (24/5/2023) di Tangga Roko Kelurahan Langga Lero Kecamatan Kota Tambolaka Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) Nusa Tenggara Timur.

Paulus menjelaskan peserta pelatihan BLKK Cahaya Kasih mendapatkan teori terlebih dahulu sebelum praktek langsung.

Adapun materi yang diperoleh di antaranya mengoperasikan mesin pemotongan (sawing komponen), mengoperasikan mesin pembelahan (splitting komponen), mengoperasikan mesin pengetaman (raeping komponen), melaminasi komponen, mengoperasikan mesin pembuatan lubang (boring) komponen.

Selain itu materi mengoperasikan mesin pembuatan purus (tenon) komponen, mengoperasikan mesin pembuatan bobok (mortiser) pada komponen, mengoperasikan mesin pembuatan profil (moulding) pada komponen, mengoperasikan mesin pembuatan jointing pada komponen.

Melaksanakan pekerjaan perekatan, melaksanakan pekerjaan perakitan, merapikan pekerjaan perakitan, menyiapkan pekerjaan finishing, menyiapkan permukaan komponen/produk untuk finishing, menyesuaikan warna finishing sesuai spesifikasi, mengerjakan finishing dengan teknik oles, dan mengerjakan finishing dengan teknik semprot.

Paulus Oemburey menambahkan peserta pelatihan selama mengikuti pelatihan menghasilkan 5 produk yang terdiri atas 3 produk utama yaitu Rak Majalah, Lemari Loker dan Lemari 2 pintu, sedangkan 2 produk tambahan Rak buku dan Meja iris (dapur).

“Kami berharap bekal ilmu dari pelatihan ini akan menjadi modal mereka saat kembali ke tempatnya masing-masing dalam mengembangkan usaha mereka dalam bidang pertukangan” ungkapnya.

Dirinya juga menyampaikan ucapan terima kasih pada peserta yang sudah mengikuti dan menaati aturan-aturan dalam pelatihan yang diselenggarakan oleh BLKK Cahaya Kasih.

“Hari ini merupakan penutupan pelatihan BLKK Cahaya Kasih yang akan dihadiri oleh Ketua BPMJ GKS Mata, Ketua YCKS GKS Mata dan ditutup secara resmi oleh Kadis Tenaga Kerja dan Transmigrasi SBD, Yeremia Tanggu, S. Sos” pungkasnya. *** (Octa/002-23].- 

Baca Juga :   Kapolres Kupang Pimpin Upacara Sertijab Waka Polres, Kabag Ops, Kasat Samapta, Kapolsek Fatuleu