100 WARGA DESA WATU KAWULA MENDAPAT BANTUAN TERNAK KAMBING

Tambolaka-SJ……….. Sebanyak 100 orang warga masyarakat Desa Watu Kawula mendapat bantuan kambing dari Pemerintah Desa (Pemdes) Watu Kawula. Pemberian secara simbolis dilaksanakan di Rumah Desa Sehat Watu Kawula,  desa Watu Kawula Kecamatan Kota Tambolaka Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD), Senin (9/5/2022).

Penyerahan secara simbolis diwakili oleh 10 orang warga masyarakat penerima bantuan disaksikan Camat Kota Tambolaka, Agustinus H. Theedens, S.Hut., Sekdes Watu Kawula, Stepanus Dowa Goro, Kasie PMD Kecataman Kota, para Kaur, Kepala Dusun dan warga masyarakat Desa Watu Kawula.

Kepala Desa Watu Kawula, Laurensius Todo dalam arahannya sebelum penyerahan secara simbolis mengatakan, bantuan kambing bagi warga masyarakat ini bertujuan membantu menambah pendapatan ekonomi keluarga, jika masyarakat benar-benar memeliharanya hingga berkembang biak.

Camat Kota Tambolaka, Agustinus H. Theedens, S.Hut., (Kiri) saat menyerahkan bantuan ternak kambing pada masyarakat

“Jangan lihat besar kecilnya, tetapi semoga bantuan ini bisa membantu menambah pendapatan ekonomi keluarga. Ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah bagi masyarakat Watu Kawula” ungkap Kepala Desa Laurensius.

Lebih lanjut Kepala Desa Renty sapaan akrab kepala desa Watu Kawula ini, agar ternak ini benar-benar dipelihara sehingga bisa berkembang, jangan sampai mati karena penyakit, atau terpakai untuk kebutuhan lainnya, tetapi agar masyarakat mengembangkannya, mengingat saat ini harga kambing cukup melonjak tinggi.

Kepala Desa Watu Kawula, Laurensius Todo (kiri) saat memberikan secara simbolis bantuan ternak kambing pada masyarakat

“Karena ternak babi terkena virus ASF, sehingga akhirnya masyarakat saat ini beralih ke ternak kambing, hal ini juga mendorong naiknya harga jual kambing, selain itu piara kambing tidak terlalu rumit, mengingat hewan ini makan rumput apa saja” jelasnya.

Baca Juga :   Panen Raya Desa Tana Mete, Bupati SBD Sosialisasi Kewaspadaan Covid 19

Kepala desa Renty juga berjanji bantuan ini akan berkelanjutan terus, sehingga semua masya rakat dapat menikmatinya. Bantuan akan diberikan secara bertahap sehingga masyarakat tiap dusun akan ikut merasakan bantuan pemberdayaan ekonomi keluarga ini.

Sementara itu Camat Kota Tambolaka, Agustinus H. Theedens, S.Hut., memberi apresiasi yang luar biasa pada pemerintah desa Watu Kawula yang peduli pada masyarakatnya. Dana ADD dan Dana Desa dipergunakan untuk pemberdayaan ekonomi keluarga.

“Kami salut Kepala Desa yang tidak putus-putusnya memberikan perhatian pada masyarakatnya. Pemberian bantuan ternak kambing ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, jika benar-benar dikelola akan membantu pendapatan ekonomi keluarga” tutur Camat Kota.

Lebih lanjut Camat Kota juga menekankan, agar warga masyarakat penerima kambing ini benar-benar memelilharanya, sehingga bisa berkembang biak. Jika dipelihara secara baik dan dirawat, maka bantuan ini akan sangat bermanfaat bagi keluarga.

“Saya tidak mau dengar kalau bilang kambingnya sampai mati, pelihara dan rawat baik-baik, karena nanti yang merasakan hasilnya ada masyarakat sendiri. Pemerintah desa sudah membantu dengan menyalurkan bantuan ini, jangan sia-siakan sehingga ada manfaatnya untuk keluarga” jelas camat Kota pada warga penerima bantuan.

Dipantau oleh media ini, usai penyerahan secara simbolis oleh Pemerintah Desa, warga masyarakat dan aparat desa yang hadir masih mendapat arahan dan himbauan lainnya tentang program desa yang menjadi fokus di tahun 2022 ini. Diantaranya upaya penanganan dan pencegahan masalah stunting, masalah PBB dan Kelompok Sadar Wisata Watu Kawula. *** (Octa/002-22),-