Bupati SBD BUKA RAKER PERCEPATAN TRANSFER DANA DESA TAHUN 2019

Tambolaka-SJ…………………… Dalam rangka percepatan transfer alokasi dana desa, dana desa tahun anggaran 2019 dan percepatan perencanaan desa tahun anggaran 2020, Dinas PMD SBD dan Konsultan Pendampingan Wilayah 5 NTT menyelenggarakan rapat kerja di aula hotel Sinar Tambolaka yang dihadiri oleh kecamatan, desa dan tim pendamping desa Jumat, 18/10/19.

Kegiatan ini sendiri dibuka oleh Bupati Sumba Barat Daya (SBD) dr. Kornelius Kodi Mete didampingi Plt Kadis PM Drs. Dominggus Bulla, M.Sc., dan Korprov NTT Kandidatus Angge.

Dalam sambutannya bupati SBD mengatakan melalui penggunaan ADD dan Dana Desa yang terus mengalamai peningkatan ekonomi masyarakat SBD serta bisa keluar dari kemiskinan. Pengalokasian bantuan untuk desa oleh Pemerintah akan meningkat trus hingga sekarang sudah  mencapai  1 M. Oleh karena itu pemerintah desa harus tanggap dan rapatkan barisan dalam mengelola dana tersebut.

“Dulu kita setengah mati cari uang, sekarang ada uang lebih setengah mati lagi piker bagaimana menggunakan uang. Sesuatu yang aneh, kenapa aneh karena sampai sekarang pencairan dana desa baru tahap 1. Sedangkan tahap 2 dan 3 belum” ungkapnya.

Bupati Nelis tegaskan agar dana desa harus segera dicairkan dan dimanfaatkan, oleh karena itu dirinya setelah dilantik 8 September yang lalu mengambil kebijakan pencairan dana desa tidak perlu pake rekomendasi.

“Cairkan saja, pengawalan ada, camat bisa ikut mengawasi penggunaan dana desa tersebut, kalau merasa kurang kuat, nanti saya akan keluarkan Peraturan Bupati wewenang Bupati kepada Camat, tetapi masalah yang ada di desa harus diselesaikan di tingkat kecamatan, tidak boleh dibawa sampai ke kabupaten” tuturnya lebih jauh.

 Bupati SBD dr. Nelis juga berharap melalui rapat kerja percepatan transfer dana desa ini bisa dilakukan kalau diri kita sendiri sudah mengetahui letak kesalahan selama ini dan melepasnya. Begitu ada pencairan dana desa, camat harus bantu awasi penggunaannya.  Ikuti perencanaan desa yang ada. Sedangkan untuk perencanaan dana desa 2020 agar disesuaikan dengan program 7 jembatan emas Pemda SBD.

Baca Juga :   ADOLF PARENGU BERJANJI MASYARAKAT BURU KAGHU HIDUP LEBIH LAYAK

Pantauan media pelaksanaan raker percepatan transfer dana desa ini dihadiri oleh seluruh camat, kepala desa dan pendamping desa kecuali kecamatan Wewewa Tengah dan Loura. Dari total 173 desa kelurahan di di SBD hingga saat ini yang sudah mengajukan pencairan dana desa tahap II baru sekitar 65%.

Penulis: Octa.-