TNI AU GELAR BHAKTI SOSIAL OPERASI KATARAK DI SBD

Tambolaka-SJ…….. TNI Angkatan Udara (AU) Eltari Kupang melaksanakan kegiatan Bhakti Sosial Operasi Katarak serentak di Wilayah Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) yang diselenggarakan oleh TNI-AU, Jumat (29/9/2022) di RSUD Pratama Reda Bolo, Desa Watukawula, Kec. Kota Tambolaka, Kabupaten SBD Nusa Tenggara Timur.

Hadir dalam kegiatan pelaksanaan Launching Bhakti Sosial Operasi Katarak serentak tersebut Bupati SBD, dr. Kornelius Kodi Mete, Dandim 1629/SBD,  Letkol Czi Novi Kurniawan ST., Letkol Kes Ahmad R. Ritonga TNI AU II Eltari Kupang,  Danpos TNI-AU Kota Tambolaka Lettu Kes Widodo, Kapolres SBD yang diwakili oleh AKP Gd Uliana, Direktur RSUD Pratama Reda Bolo dr. Theresia Citra Mila Mesa, Dinas Perhubungan, Dinas Kominfo dan  masyarakat yang melaksanakan Operasi Katarak.

Adapun petugas yang melaksanakan operasi katarak terdiri atas  Dokter Spesialis Perdami Sulawesi Selatan 2 Orang, Dokter Umum 6 orang dan Perawat 1 orang untuk memberikan pelayanan operasi bagi 25 orang pasien yang dianggap sangat emergency.

Dalam  kesempatan itu Bupati SBD dr. Kornelius Kodi Mete mengucapkan terima kasih kepada TNI AU yang sudah memperhatikan masyarakat Provinsi NTT khususnya Kabupaten SBD yang sudah membantu meringankan beban masyarakat untuk melaksanakan Operasi Katarak secara serentak.

“Masyarakat SBD masih banyak yang menghidap penyakit mata katarak dan jumlah masyarakat penderita mata Katarak yang sudah mendaftar sebanyak 205 orang tetapi yang akan siap di operasi sebanyak 25 orang” ungkapnya.

Bupati SBD menjelaskan penyakit mata katarak dapat menimpa setiap orang baik usia lanjut maupun yang masih usia produktif.

“Terima kasih banyak TNI sudah membantu masyarakat untuk mendapatkan akses yang mudah terjangkau dan Pemda sangat menyambut baik apa yang sudah TNI lakukan dengan melalui Bhakti Sosial Katarak ini sehingga dapat menekan angka kebutaan yang diakibatkan oleh katarak” tuturnya.

Baca Juga :   Klarifikasi Dinkes, BPJS, dan RSUD Waikabubak Tentang Pasien COVID-19

Untuk diktehui kegiatan Bhakti Sosial Operasi Katarak merupakan Program TNI-AU dalam Rangka Memperingati Hari Bhakti TNI-AU yang Ke-76 untuk membantu meringankan beban masyarakat untuk melaksanakan Operasi Mata Katarak.

Kegiatan Bhakti Sosial Operasi Katarak di bagi menjadi beberapa titik yaitu 22 Kabupaten/Kota seluruh Wilayah Provinsi NTT. Masyarakat SBD sangat antusias mengikuti Bhakti Sosial Operasi Katarak yang dilakukan oleh TNI AU dan sangat meringankan beban masyarakat yang menghidap Penyakit Mata Katarak.

Sebelumnya Danpos TNI-AU Kota Tambolaka Lettu Kes Widodo, mengatakan melihat respon masyarakat yang sangat tinggi, pihaknya akan mengupayakan agar pelaksanaan oeprasi katarak dapat diselenggarakan pada waktu mendatang.

“Melihat animo masyarakat yang cukup tinggi, TNI AU akan mengupayakan agar segera dilakukan lagi operasi katarak di Pulau Sumba (4 kabupaten), sehingga dapat terlayani semua masyarakat yang terkena katarak” ujarnya.

Sementara itu Direktur RSU Pratama Reda Bolo, dr. Theresia Citra Mila Mesa, mengatakan pihaknya mendukung penuh kegiatan bakti sosial TNI AU dalam melaksanakan operasi katarak di SBD. RSU Reda Bolo akan menyiapkan tempat untuk pelaksanaan operasi tersebut.

“Jika ada pasien yang harus oipname, kami siap membantu sehingga pelaksanaan operasi katarak tersebut dapat berjalan dengan baik dan masyarakat SBD mendapat pelayanan yang baik juga” ungkapnya. *** (Octa/002-22).-