Sering di Injak, Ternyata Ini Khasiat Rumput Belulang

Ada banyak jenis rumput, namun dari banyaknya jenis rumput, ada salah satu rumput yang mempunyai khasiat penting dan baik bagi tubuh manusia, yaitu Rumput Belulang atau lebih dikenal orang desa dengan sebutan suket lulangan merupakan tumbuhan rumput liar, mudah tumbuh ditanah kebun, area persawahan, dan area dataran rendah atau tinggi. Rumput belulang yang sering kita injak-injak ketika melewati jalan dan halaman rumah ini ternyata mempunyai kandungan senyawa yang baik untuk tubuh.

Sejak dulu rumput belulang dimanfaatkan oleh masyarat desa untuk pakan ternak. Selain untuk pakan ternak, rumput belulang dipercaya digunakan sebagai obat penurun demam. Ternyata selain itu, rumput belulang punya manfaat lainnya.

Sebelum membahas apa saja manfaat rumput belulang, kita bahas dulu apa saja kandungan dari rumput belulang.

Rumput belulang
Rumput belulang

Berikut ini beberapa kandungan rumput belulang : 

  • Protein

Protein berperan penting dalam membentuk antibodi, pembentukan masa otot, memperkuat tulang, mempercepat proses penyembuhan luka dan masih banyak lainnya.

  • Lemak

Lemak berperan melindungi organ tubuh, membantu menyerap vitamin A, D, E, dan K. Vitamin A baik untuk kesehatan dan mata. Vitamin E baik untuk kesehatan kulit, Vitamin D baik untuk gigi, Vitami K baik untuk tulang.,

  • Saponin

Senyawa saponin memberikan manfaat menurunkan resiko penyakit kanker, meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan kadar kolesterol yang tinggi, serta anti jamur dan anti bakteri.

  • Tanin

Tanin merupakan senyawa polifenol yang mempunyai fungsi sebagai antioksidan, menjaga tubuh agar tetap fit.

Rumput belulang memiliki fungsi sebagai :

  • 1. Antidiabetes

Konsumsi makanan dan minuman yang manis-manis dapat menaikkan kadar gula dalam darah sehingga memicu terjadinya diabetes.

Rumput belulang dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Sehingga kadar gula menjadi stabil.

  • Antioksidan
Baca Juga :   Kluster Pasar Inpres Akhirnya Muncul di SBD

Kandungan Antioksidannya pada rumput belulang yaitu dapat mencegah dan memperbaiki sel-sel yang mengalami kerusakan didalam tubuh. Selain itu antioksidannya juga bermanfaat melindungi atau menangkal radikal bebas.

  • AntiInflamasi

Mengurangi rasa sakit akibat peradangan pada luka, dengan menekan aktivitas peradangan. Juga sebagai anti penyakit disistem saraf pusat yaitu seperti sakit kepala dan migrain. Oleh orang tua dulu, rumput belulang dipercaya bisa mengobati sakit kepala, pusing, migrain, dan vertigo.

  • Antibakteri

Karena mengandung senyawa tanin, saponin dan flavonoid maka antibakteri yang terkandung dalam rumput belulang memiliki fungsi dapat menghambat serta mengganggu pertumbuhan bakteri bahkan dapat menonaktifkan bakteri atau mikroba yang merugikan bagi tubuh. Sehingga rumput belulang bisa untuk mengatasi infeksi dirongga mulut, gigi dan gusi. Serta menyehatkan gigi dan gusi. Cara Penggunaannya sebagai obat kumur yaitu rumpu belulang direbus terlebih dahulu setelah itu dipakai untuk kumur kumur. Rutinkan sehari 3 kali, agar terasa manfaatnya.

  • Antikonvulsan

Antikonvulsannya mampu mengatasi sakit demam tinggi disertai kejang, epilepsi yang disertai kejang dan juga banyak dipakai dalam pengobatan penyakit bipolar dan gangguan kepribadian ambang.
Tidak salah lagi, sejak dulu orang tua yang berada didesa memanfaatkan rumput belulang untuk mengobati anaknya yang sakit demam bahkan juga pada orang dewasa.

  • Sitotoksik

Senyawa sitotoksik merupakan senyawa antikanker, dengan kinerjanya menghambat pertumbuhan sel kanker, serta merusak sel kanker dan bahkan juga menghambat pertumbuhan sel tumor. Atas hasil penelitian itu, rumput belulang tepat sekali jika untuk memerangi penyakit kanker dan tumor.

Itulah beberapa manfaat rumput belulang bagi kesehatan.

Paling Dicari: