MAKNA PERAYAAN PASKAH BERSAMA PEMDA SBD

Loura-SJ………. Perayaan Paskah Pemerintah Sumba Barat Daya (SBD), Kamis (28/4/2022) kali ini berbeda dengan perayaan paskah sebelumnya di tahun-tahun yang lalu. Sebelum mengikuti ibadah Paskah Bersama, Bupati SBD dan Forkompinda serta tamu-tamu yang hadir menanam pohon di lingkungan setiap pesisir pantai

Hal ini tentunya bertujuan untuk melestarikan dan menghijaukan lingkungan di setiap pesisir pantai tersebut. Tema paskah bersama Pemda SBD tahun 2022 ini adalah Dengan Kuasa Roh Kudus Kita Bangkit Dari Dampak Bencana. Berarti selain sudah terbebas dari bencana COVID-19 yang melanda saat ini, dengan menanam pohon kita bisa sudah melestarikan lingkungan dan mejaga  alam agar tetap hijau dan juga bisa terbebaskan dari bencana-bencana lainnya seperti tsunami, tanah longsor, banjir dan bencana alam lainnya. Sehingga gerakan penghijauan diharapkan tidak hanya dilaksanakan di sekitaran pantai Mananga Aba, tetapi juga di tempat-tempat lain yang dianggap masih tandus.

Kabag Kesra SBD, Elisabeth Kaka, S.Pd.,  sebagai penyelenggara perayaan paskah bersama yang dihubungi media ini melalui pesan Whats App mengatakan perayaan paskah tahun 2022 ini merupakan suatu inovasi kegiatan yang keluar dari kebiasaan merayakan paskah di Puspem Kadula atau Kota Tambolaka.

“Walaupun dengan dana yang sangat terbatas, kami berusaha melakukan inovasi, sesuatu yang baru,  keluar dari kebiasaan merayakan paskah di puspem atau di kota Tambolaka. paskah tahun ini memberikan multi  manfaat” ungkapnya, Jumat (29/4/2022).

Lebih lanjut Elis Kaka menjelaskan selain melakukan ibadah bersama, kegiatan ini juga sebagai wujud nyata mencintai alam dengan menanam pohon. Selain itu juga berekreasi keluar dari runitas dengan merayakan pasakah di pesisir.

“Kami berharap dengan kegiatan tersebut memberikan manfaat untuk semua yang hadir, selain melaksanakan ibadah bersama, kita juga menunjukan kita mencintai alam dengan menanam pohon, berekreasi keluar dari rutinitas di pesisir pantai serta mendorong ekonomi masyarakat dan tentunya juga kita berolaharaga” tuturnya.

Baca Juga :   Lurah Kampung Baru Ajak Warga, Peduli Kebersihan Lingkungan

Elis Kaka menambahkan suksesnya perayaan Paskah di pantai Mananga Aba tidak terlepas dari keterlibatan dan sumbangsih banyak pihak. Tanaman sebanyak kurang lebih 400 pohon merupakan sumbangan dari Dinas Perkebunan, jenset juga merupakan sumbangan, bahkan sewa villa  Keuskupan Waitabula juga mendapat keringanan.

Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat Sekda SBD, Elisabeth Kaka, S.Pd., (kanan) saat memantua langsung pelaksanaan tanam pohon di pantai Mananga Aba

“Ini semua karena terbatasnya dana akibat adanya refocusing, tetapi ada banyak tangan-tangan yang terlibat dalam kegiatan perayaan Paskah kemarin, tentunya kami mengucapkan limpah terima kasih atas kontribusi pihak-pihak tersebut. Dengan sedikit dana yang ada kami juga bisa memberikan pada masyarakat yang sudah menggali lubang untuk penanaman pohon, dan tanaman yang sisah kami berikan ke Pater Vikjen untuk dilanjutkan penanamannya” imbuhnya.

Perayaan Paskah Bersama Pemda SBD ini dihadiri oleh Bupati SBD, dr. Kornelius Kodi Mete, Wakil Bupati, Marten Christian Taka, S.IP, Pj. Sekda SBD, Fransiskus M. Adilalo, S.Sos, Asisten Administrasi Umum pada Setda SBD, Drs. Lukas Ng. Gaddi, Wakapolres SBD, Kompol Yosef T. Tilis, Danki I Batalion C Pelopor SBD, Iptu I Wayan Sudiarta, Perwakilan Dandim 1629 SBD, Letda Cristofel Bili Bulu.

Turut hadir perwakilan dari Keuskupan Waitabula, Camat Loura, Yengo T. Kawi, S.Pd, Romo Albino Luciano Tibu, Pr, Pdt. GBI Rock Waitabula Ponco Hadi Saptomo, S.Th, Pimpinan BUMN, Para pimpinan OPD lingkup SBD, Tokoh masyarakat, Tokoh agama dan seluruh tamu undangan lainnya. *** (Octa/002-22),-