Sumba Barat Berduka, Mantan Bupati Pandango Tutup Usia

Tana Righu-SJ………. Mantan Bupati Kabupaten Sumba Barat periode 2010-2015, Jubilate Pieter Pandango, S.Pd., M. Si., tutup usia. Masyarakat Sumba Barat secara khusus dan Sumba secara umum berduka, karena kehilangan seorang tokoh yang sudah membangun Sumba Barat pada masa lalu.

Informasi yang diperoleh media ini, mantan Bupati Sumba Barat Jubilate Pieter Pandango menghembuskan nafas terakhirnya sekitar Pukul 11:00 Wita di RSU Umbu Rara Meha, Waingapu Kabupaten Sumba Timur, Selasa (6/9/2022)  setelah beberapa tahun  terakhir ini menderita sakit.

Almarhum meninggalkan 1 orang Istri dan 3 orang anak. Sebelum menjadi Bupati Sumba Barat alm  Yubi Pandango pernah menjabat sebagai Kepala Sekolah SMAN 1 Waikabubak, menjabat Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (PPO).

Almarhum setelah menjadi bupati pada periode 2010-2015 banyak melakukan gebrakan baru di Kabupaten Sumba Barat, diantaranya pembangunan infrastruktur, pendidikan, pemberdayaan ekonomi dan kesehatan bahkan disebut sebagai Bapak Pembangunan Sumba Barat.

Hasil kerja kerasnya semasa bupati masih terlihat hingga sekarang ini,  seperti Pelabuhan Bina Natu yang terletak di Desa Loko Ry, Kecamatan Tana Righu, untuk mendekatkan pelayanan Pendidikan membuka sekolah Negeri di setiap kecamatan. Selain itu  pembangunan jalan penghubung di setiap kecamatan. Bahkan di Kecamatan Tana Righu sejak kepemimpinan mulai 2010-2015 seluruh jalan penghubung antar desa di aspal dan masyarakat tidak membayar pajak semua di tanggung oleh almarhum.

Almarhum di kenal sebagai orang yang disiplin dan tegas. Terlihat sejak jadi kepala sekolah sampai menjadi Bupati,  almarhum tepat waktu dalam menjalankan tugas dan tegas dalam keputusannya. Selain itu juga almarhum dikenal sebagai orang yang banyak membantu gereja-gereja yang  ada di Sumba.

Hingga berita ini diturunkan,  media belum bisa menghubungi  keluarga almarhum. Media Suara Jarmas.com menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya  atas meninggalnya Bapak Pembangunan Sumba Barat, semoga almarhum tenang di alam baka dan keluarga yang di tinggalkan diberi penghiburan. *** (EBuga/09/22),-

Baca Juga :   BUPATI DJOBO: KIP ALOR KEBUTUHAN DAN TUNTUTAN ZAMAN